Penggunaan media pembelajaran program macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran IPS sejarah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto 2008/2009 / Novita Restuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran program macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran IPS sejarah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto 2008/2009 / Novita Restuti

Restuti, Novita (2009) Penggunaan media pembelajaran program macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran IPS sejarah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto 2008/2009 / Novita Restuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti kepada salah satu guru IPS dan beberapa siswa di SMP Negeri 1 Dlanggu dalam pembelajaran IPS guru masih jarang menggunakan variasi dalam proses pembelajarannya khususnya ruangan audio visual sehingga berdampak pada prestasi siswa yang kurang optimal karena siswa merasa bosan terhadap model pembelajaran sejarah yang dirasa kurang menarik. Alasan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai pebedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8 dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana prestasi belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 (2) Bagaimana prestasi belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 (3) Bagaimana perbedaan prestasi belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran dan yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 (2) Untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 (3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran dan yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto semester genap tahun pelajaran 2008/2009. Obyek penelitian adalah 48 orang siswa yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Pada pelaksanaannya kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8 dan kelas kontrol diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8. Data berupa prestasi belajar dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebagai instrument untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 77 31 sedangkan kelas kontrol adalah 65 38. Hal ini menunjukkan kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8 mempunyai prestasi belajar yang lebih tinggi dari pada kelas yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8. Hasil analisis uji-t terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung adalah 6 739 dan ttabel adalah 2 021 yang berarti thitung ttabel yang menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8 dengan siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8. Disarankan bagi peneliti lain terutama mahasiswa Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah yang tertarik pada penelitian yang sejenis untuk melakukan pengembangan yaitu memilih tema yang lebih mengarah pada penguasaan siswa terhadap mata pelajaran IPS Sejarah. Disarankan untuk mengambil materi selain penjelajahan samudera mengambil sampel yang lebih luas mengembangkan instrument penelitian yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan tes prestasi belajar sehingga diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54487

Actions (login required)

View Item View Item