Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural roundtable untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM Malang / Ratih Nilla Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural roundtable untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM Malang / Ratih Nilla Kartika

Kartika, Ratih Nilla (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural roundtable untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM Malang / Ratih Nilla Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartika Ratih Nilla. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Roundtable Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri M.Hum (II) Najib Jauhari S.Pd M.Hum. Kata Kunci Model struktural Roundtable motivasi belajar siswa pelajaran Sejarah Dalam memperbaiki mutu pendidikan peran motivasi bagi siswa sangatlah penting dalam belajar. Peran guru dalam hal ini sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan menentukan keberhasilan belajar siswa. Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran sejarah SMA Laboratorium UM Malang menunjukkan adanya permasalahan yang dihadapi oleh guru yaitu motivasi belajar sejarah siswa khususnya kelas XI IPS1 sangat rendah hal ini dibuktikan dalam proses pembelajaran sejarah hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja dan sebagian siswa yang lain tidak terlalu aktif dan banyak siswa yang gaduh didalam kelas serta tidak memperhatikan penjelasan guru. Hasil belajar Sejarah sebelum dilakukan tindakan masih kurang yaitu 72 hal ini masih dibawah Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang diterapkan di SMA Laboratorium UM Malang yaitu 75. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif model struktural Roundtable. Model struktural Roundtable diperlukan dalam menghadapi masalah ini karena merupakan model pembelajaran yang tidak hanya unggul untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit tetapi juga melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model Struktural Roundtable pada siswa kelas XI IPS1 SMA Laboratorium UM Malang (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM Malang terhadap mata pelajaran sejarah dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Struktural Roundtable . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model Struktural Roundtable pada siswa kelas XI IPS1 SMA Laboratorium UM Malang serta untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Laboratorium UM Malang dengan penerapan pembelajaran kooperatif Model Struktural Roundtable. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Laboratorium UM Malang kelas XI IPS1 yang berjumlah 26 siswa dengan rincian 14 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan yaitu pada tanggal 11 dan 13 November 2008 untuk pelaksanaan siklus yang pertama serta tanggal 18 dan 20 November 2008 untuk siklus yang kedua. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles dan Hubermen yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model struktural Roundtable. Peningkatan ini ditunjukkan melalui aspek motivasi belajar siswa yang terdiri dari perhatian waktu belajar usaha irama perasaan dan penampilan. Setiap aspek motivasi ini terdiri dari beberapa deskriptor yang dihitung berdasarkan motivasi setiap siswa. Pada siklus pertama prosentase masing-masing aspek 41% 88% 45% 63% 68%. Sedangkan pada siklus kedua perolehan prosentase masing-masing aspek motivasi adalah 84% 100% 71% 90% 100% sehingga masing-masing aspek motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 43% 16% 24% 27% 32%. Terjadinya peningkatan terhadap aspek-aspek motivasi belajar siswa tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah mengalami peningkatan dari siklus I menuju siklus II. Masing-masing aspek motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang berarti motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan terhadap motivasi belajar siswa disarankan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif model struktural Roundtable pada mata pelajaran sejarah dimaterimateri yang lain namun harus disesuaikan dengan materi yang tepat dan sesuai dengan model pembelajaran Roundtable. Selain itu guru juga diharapkan menggunakan metode dan model pembelajaran yang lebih bervariasi tidak hanya metode ceramah atau konvesional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54471

Actions (login required)

View Item View Item