Analisis sosial budaya terhadap pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'ien Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung) / Retnowijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sosial budaya terhadap pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'ien Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung) / Retnowijayanti

Retnowijayanti (2009) Analisis sosial budaya terhadap pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'ien Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung) / Retnowijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Retno. 2008. Analisis Sosial Budaya Terhadap Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi ien Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung). Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikah Thowaf M.A Ph.D (II) Dra. Hj. Sri Sumartini M.Si. Kata kunci Pendidikan Kesehatan Reproduksi/ Pendidikan Seks Remaja Pesantren Perubahan fisik dan perkembangan kejiwaan yang terjadi pada masa remaja/ pubertas bertanggung-jawab atas munculnya dorongan seks. Untuk itulah perlu kiranya memberikan informasi masalah seksualitas/ kesehatan reproduksi diantaranya melalui pendidikan. Pendidikan yang dimaksud sering diistilahkan dengan pendidikan seks. Istilah lain menyebutnya dengan pendidikan kesehatan reproduksi. Peranan pesantren sebagai sebuah lembaga pendidikan yang sangat intensif membahas masalah agama Islam yang berguna bagi masyarakat luas sudah semestinya membahas seksualitas melalui pendidikan seks/ pendidikan kesehatan reproduksi. Hal ini dikarenakan pendidikan kesehatan reproduksi tidak terlepas dari kehidupan manusia. Akan tetapi realitasnya bahasan kesehatan reproduksi masih tergolong tema yang sangat jarang dan sensitif di kalangan pesantren serta kurang mendapat porsi yang memadai dalam program pendidikan pesantren. Akibatnya berpengaruh pada penerapan pendidikan kesehatan reproduksi yang kurang maksimal. Selain itu dapat memicu dampak yang sangat besar yakni kondisi social budaya santri dalam mengelola seksualitasnya yang terekam dalam perilaku pergaulannya. Kondisi seperti itu juga bisa saja terjadi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi ien (PPHM) Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung. Untuk itulah penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana kondisi PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung sebagai lembaga pendidikan Islam bagaimana pola pergaulan remaja putri di PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung dan bagaimana permasalahan kesehatan reproduksi remaja putri yang terjadi di PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung serta bagaimana pendidikan kesehatan reproduksi yang telah diterapkan di PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung sebagai lembaga pendidikan Islam mengetahui pola pergaulan remaja putri di PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung mengetahui permasalahan kesehatan reproduksi remaja putri yang terjadi di PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung dan mengetahui permasalahan kesehatan reproduksi remaja putri serta mengetahui pendidikan kesehatan reproduksi yang telah diterapkan di PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif berjenis diskriptif. Sedangkan data yang diperoleh ii adalah menggunakan observasi dan sumber lisan melalui wawancara dengan pengasuh para dewan guru para santri senior madya dan yunior (berdasarkan lamanya nyantri/ mondok). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung sebagai lembaga pendidikan Islam yang dikelola secara sistemik ternyata kurang adanya keseimbangan sistem. Indikasinya adalah jumlah santri dan pengurus yang kurang seimbang seringkali terjadi hubungan yang tidak harmonis di antara beberapa lembaga pendidikan yang ada di dalamnya. Keterbatasan interaksi santri dengan dunia luar pesantren berpengaruh pada peraturan yang diterapkan. Pola pergaulan remaja putri di PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung dalam kesehariannya memang dihabiskan berinteraksi dengan sesama jenisnya. Namun karena mayoritas pengurusnya adalah laki-laki maka tidak menutup kemungkinan terjadi interaksi dengan lawan jenis meskipun sangat dibatasi. Permasalahan kesehatan reproduksi remaja putri di PPHM Asrama Sunan Pandanaran di Tulungagung terjadi ketika hubungan antara lawan jenis sedemikian diperketat dalam segala kondisi sedangkan hubungan dengan sesama jenis sudah dianggap biasa. Ternyata keadaan seperti itu dapat menimbulkan keadaan lain yang tidak diduga sebelumnya bahkan luput dari perhatian banyak pihak pesantren. Keadaan yang dimaksud adalah munculnya gejala kecenderungan intim dengan sesama jenis. Pendidikan kesehatan reproduksi yang diterapkan di PPHM Asrama Putri Sunan Pandanaran di Tulungagung telah diberikan sejak kelas VI Ibtida iyyah berupa funun (bidang kajian) kitab-kitab fiqh. Kajian kitab-kitab fiqh dimasukkan dalam kurikulum sekolah diniyah dan sebagai pengajian kitab yang bersifat ekstrakulikuler. Kajian kesehatan reproduksi di luar kajian kitab kuning seperti seminar dan penyuluhan di puskesmas di bawah organisasi HMHF (Hidayatul Mubtadi ien Healthy Federation) hanya sebagai formalitas. Namun dalam proses edukasinya masih kurang memadai. Kondisi sosial budaya pesantren yang sedemikian rupa dapat berdampak pada berbagai hal baik positif maupun negatif. Namun dampak negatif seperti adanya kecenderungan hubungan intim sesama jenis merupakan suatu hal yang kadarnya sangat serius dan memerlukan solusi yang serius pula. Hal ini mengingat pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang nota bene merupakan lembaga yang ditugaskan mendidik moralitas masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54464

Actions (login required)

View Item View Item