Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis macromedia director MX 2004 pada pokok bahasan candi Hindu-Budha untuk siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Ulfatun Nafi'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis macromedia director MX 2004 pada pokok bahasan candi Hindu-Budha untuk siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Ulfatun Nafi'ah

Nafi'ah, Ulfatun (2009) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis macromedia director MX 2004 pada pokok bahasan candi Hindu-Budha untuk siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Ulfatun Nafi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan siswa dituntun untuk bersikap aktif kreatif dan inovatif dalam menanggapi setiap pelajaran yang diajarkan. Salah satu prinsip pelaksanaan dari KTSP adalah kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia sumber belajar dan teknologi yang memadai dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Oleh karena itu peranan sekolah sangat penting untuk mengarahkan siswa belajar sesuai dengan kondisi lingkungannya termasuk dalam belajar sejarah khususnya materi candi Hindu Budha. Salah satu cara untuk menayampaikan materi candi Hindu Budha adalah dengan memanfaatkan sarana dan media yang sudah ada diantaranya dengan metode karyawisata. Akan tetapi menurut guru sejarah di SMP 10 Malang hambatan yang muncul ketika siswa harus melakukan karyawisata untuk langsung mengunjungi tempat-tempat candi tersebut adalah sulitnya mengkoordinasikan siswa untuk belajar dan membutuhkan alokasi waktu belajar yang cukup banyak. Untuk mengatasi kendala penyampaian materi Hindu Budha agar pembelajaran bisa bermakna dan mencapai kompetensi yang diinginkan adalah dengan menggunakan multimedia yakni Macromedia Director MX. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan dengan rumusan masalah 1) bagaimana bentuk pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis Macromedia Director MX yang baik dan menarik untuk memermudah suatu metode pembelajaran sejarah pada pokok bahasan Hindu-Budha di kelas VII SMP Negeri 10 Malang 2) bagaimana proses penerapan media pembelajaran sejarah berbasis Makromedia Director MX pada materi Hindu Budha di kelas VII SMP Negeri 10 Malang 3) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VII yang mengalami pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran sejarah berbasis Makromedia Director MX pada materi candi Hindu Budha di SMP Negeri 10 Malang. Adapun tujuan pengembangan adalah 1) untuk menghasilkan bentuk pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis Macromedia Director MX yang baik dan menarik untuk mempermudah suatu metode pembelajaran sejarah pada materi candi Hindu Budha di kelas VII SMP Negeri 10 Malang 2) untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran sejarah berbasis Macromedia Director MX pada materi candi Hindu Budha di kelas VII SMP Negeri 10 Malang 3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII yang mengalami pembelajaran dengan pendekatan media pembelajaran sejarah berbasis Macromedia Director MX pada materi candi Hindu Budha di SMP Negeri 10 Malang. ii Pengembangan media pembelajaran sejarah mengikuti tahapan pengembangan 1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa 2) analisis tujuan 3) perumusan materi pembelajaran 4) penyusunan naskah 5) penyusunan alat evaluasi 6) produksi media 7) tes dan revisi media. Uji coba produk delakukan pada tiga orang subjek yaitu ahli materi ahli media dan responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran sejarah berupa angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan prosentase. Sedangkan hasil belajar siswa dianalisis dengan mencari t hitung. Hasil validasi kelayakan pengembangan media pembelajaran secara keseluruhan memiliki rata-rata nilai 90 12% setelah di validasi oleh ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantusiswa dan guru pada proses pembelajaran tanpa direvisi. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran sejarah ada pokok bahasan candi Hindu Budha yang dikemas dalam CD (Compact Disc). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis Macromedia Director MX untuk pencapaian Kompetensi Dasar Mendeskripsikan perkembangan masyarakat kebudayaan dan emerintahan pada masa Hindu Budha serta peninggalan-peninggalannya . Dengan alokasi 2x40 menit. Multimedia terdiri dari (a) bahan penerik perhatian (b) tujuan pembelajaran (c)petunjuk penggunaan (d) penyampaian materi (e) balikan dan (f) perangkat evaluasi. Hasil Belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang pada uji coba perorangan dari nilai hitung t adalah 11 10 dan nilai tabel t adalah 4 30 maka dapat dikatakan nilai hitung t lebih besar dari nilai tabel t . Pada uji coba kelompok kecil nilai dari hitung t adalah 11 60 dan nilai tabel t adalah 2 02 maka dapat disimpulkan bahwa nilai hitung t lebih besar dari tabel t . Sedangkan untuk uji terapan nilai hitung t adalah 19 91 dan untuk nilai tabel t adalah 2 02 maka dapat dikatakan nilai hitung t juga lebih besar dari tabel t . Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan uji t dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak karena dari keseluruhan uji coba terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah belajar mandiri dengan menggunakan media pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan sebelum siswa belajar mandiri dengan menggunakan media pembelajaran sejarah terlebih dahulu mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan media agar tidak mengalami hambatan operasional pada saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu guru sejarah hendaknya membuat media pembelajaran pada pokok bahasan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54461

Actions (login required)

View Item View Item