Penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) untuk peningkatan keaktifan siswa kelas VII pada pelajaran sejarah di SD-SMP Negeri satu atap bendosari Pujon-Malang / Dewita Harthanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) untuk peningkatan keaktifan siswa kelas VII pada pelajaran sejarah di SD-SMP Negeri satu atap bendosari Pujon-Malang / Dewita Harthanti

Harthanti, Dewita (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) untuk peningkatan keaktifan siswa kelas VII pada pelajaran sejarah di SD-SMP Negeri satu atap bendosari Pujon-Malang / Dewita Harthanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat menentukan prestasi dan keberhasilan siswa. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya peran guru dan siswa penerapan metode dan media pembelajaran. Keaktifan peserta didik dalam menjalani kegiatan pembelajaran merupakan salah satu kunci keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan. Aktivitas merupakan asas yang terpenting dari asas-asas didaktik kerena belajar sendiri merupakan suatu kegiatan dan tanpa adanya kegiatan tidak mungkin seseorang belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan berangkat dari asas bahwa individu merupakan manusia yang belajar aktif dan selalu ingin tahu adalah pembelajaran kooperatif model TPS. TPS adalah suatu strategi diskusi kooperatif yang memberikan kepada siswa waktu untuk berfikir dan merespon serta saling bantu satu sama lainnya. Model ini memperkenalkan ide waktu berfikir atau waktu tunggu yang banyak menjadi faktor kuat dalam meningkatkan kemampuan siswa merespon pertanyaan. Keunggulan lain dari teknik ini adalah optimalisasi partisipasi siswa Dengan pembelajaran TPS siswa menjadi arif dan interaktif di kelas. Karena pada dasarnya tujuan pembelajaran kooperatif model TPS adalah mengembangkan partisipasi siswa dalam kelas melalui diskusi baik dengan pasangan maupun kelas. Melalui model pembelajaran ini siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikirnya agar dapat menghasilkan ide-ide yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif model TPS pada mata pelajaran sejarah kelas VII di SD-SMP Negeri Satu Atap Bendosari Pujon-Malang (2) Bagaimana keaktifan siswa kelas VII SD-SMP Negeri Satu Atap Bendosari Pujon-Malang pada mata pelajaran sejarah setelah penerapan model pembelajaran TPS Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SD-SMP Negeri Satu Atap Bendosari Pujon-Malang tahun ajaran 2007-2008 dengan jumlah 34 siswa. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data penyajian data dan tahap penerikan kesimpulan. Penelitian ini memfokuskan/menilai keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model TPS oleh guru kegiatan/aktivitas siswa dalam pelaksanaan tahapan-tahapan pembelajaran kooperatif model TPS dan peningkatan keaktifan siswa kelas VII mempergunakan persentase. Sedangkan i instrumen pengumpulan data yang dipergunakan adalah format observasi untuk keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model TPS oleh guru format observasi kegiatan/aktivitas siswa dalam pelaksanaan tahapan-tahapan pembelajaran kooperatif model TPS format observasi peningkatan keaktifan siswa wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model TPS dapat meningkatkan keaktifan siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek keaktifan siswa yang diamati yaitu dari 53.1% pada siklus I yang jika diklasifikasikan ke dalam persentase keberhasilan tindakan termasuk dalam kategori cukup menjadi 64% pada siklus II dan jika diklasifikasikan ke dalam persentase keberhasilan termasuk dalam kategori baik. Jadi persentase keaktifan mengalami peningkatan sebesar 10.9%. Sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model TPS oleh guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus ke II yaitu dari 69.7% menjadi 90.8% dengan peningkatan sebesar 21.1%. hal ini mengindikasikan bahwa guru sudah dapat melaksanakan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model TPS dengan baik. Dan untuk pelaksanaan tahapan-tahapan pembelajaran kooperatif model TPS oleh siswa mengalami peningkatan sebesar 11.9 %. Dari persentase sebesar 66.7% pada siklus I menjadi 78.6 % pada siklus II. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa telah memahami dan dapat melaksanakan tahapan- tahapan pembelajaran kooperatif model TPS dengan baik. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut (1) Bagi guru model pembelajaran ini baru diterapkan pada materi perkembangan masyarakat kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam dan kolonial Eropa jadi perlu juga diterapkan pada materi yang lainnya. Dan yang tak kalah pentingnya hasil dari pekerjaan siswa baik dalam tahap think maupun pair harus dinilai dan dikembalikan pada siswa. Hal ini dilakukan agar siswa dapat mengukur kemampuan dirinya dan merasa pekerjaannya dihargai. (2) Bagi siswa siswa harus lebih kooperatif dengan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memahami dan melaksanakan aturan dalam setiap tahapan pembelajaran kooperatif model TPS (3) Bagi penelitian selanjutnya peneliti selanjutnya dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TPS pada subjek penelitian lainnya untuk mengatasi permasalahan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas peneliti dapat melakukan eksperimen dengan membandingkan efektifitas antara pembelajaran model TPS dengan model pembelajaran lainnya. serta dapat menetapkan kriteria penilaian agar dapat diketahui setiap kualitas dari kegiatan/keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran kooperatif model TPS di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54451

Actions (login required)

View Item View Item