Motivasi belajar sejarah siswa kelas X di Sekolah Unggulan Terpadu (SUT) SMA Negeri 2 Lumajang / Asep Irwan Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi belajar sejarah siswa kelas X di Sekolah Unggulan Terpadu (SUT) SMA Negeri 2 Lumajang / Asep Irwan Gunawan

Gunawan, Asep Irwan (2009) Motivasi belajar sejarah siswa kelas X di Sekolah Unggulan Terpadu (SUT) SMA Negeri 2 Lumajang / Asep Irwan Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan pendidikan adalah mewujudkan manusia yang dapat menggunakan segala kemampuan yang ada pada dirinya dalam menghadapi tantangan hidup maupun mengatasi kesulitan-kesulitan yang timbul sepanjang hidupnya. Salah satu lembaga yang banyak menaruh perhatian terhadap upaya peningkatan sumber daya manusia adalah lembaga pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang dikehendaki guru harus jeli membaca situasi kondisi dan permasalahan yang ada pada anak didiknya. Salah satu yang harus ditumbuhkembangkan dalam diri siswa adalah motivasi belajar sebab motivasi belajar mempunyai peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan atau prestasi belajar siswa. Proses pembelajaran sejarah seringkali dianggap oleh kebanyakan peserta didik sebagai sesuatu yang membosankan karena hanya mengungkapkan faktafakta kering yang membuat peserta didik seperti dibebani untuk menghafal urutan tahun dan peristiwa yang terjadi. Kondisi ini terjadi di kelas X-4 Sekolah Unggulan Terpadu (SUT) SMA Negeri 2 Lumajang dimana berdasarkan observasi awal diperoleh informasi dan data bahwa kondisi motivasi belajar sejarahnya tergolong kurang memuaskan. Hal inilah yang mendasari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memastikan kondisi dari motivasi belajar sejarah kelas X yang sesungguhnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana kondisi motivasi belajar sejarah siswa kelas X di Sekolah Unggulan Terpadu (SUT) SMA Negeri 2 Lumajang Penelitian ini adalah penelitian survei dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 229. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 diambil dari masing-masing kelas X dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Pengujian angket dilakukan dengan penghitungan validitas dan realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lumajang terkategori baik (47 3%). Sedangkan kategori motivasi belajar sejarah yang lain berturut-turut adalah motivasi belajar sejarah yang terkategori sangat baik sebesar 22 8% terkategori kurang baik sebesar 26 3% dan yang terkategori tidak baik sebesar 3 5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lumajang terkategori baik. Berdasarkan hal ini disarankan kepada guru mata pelajaran sejarah hendaknya dapat lebih membangkitkan dan meningkatkan lagi motivasi belajar sejarah siswanya. Dalam kaitan dengan keterbatasan penelitian maka disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat memperluas kajian dan rumusan masalah dengan mengkorelasikan motivasi belajar dengan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54443

Actions (login required)

View Item View Item