Mukhlis (2009) Persepsi siswa terhadap penggunaan media dan tugas membaca dalam pembelajaran sejarah di SMA Al-Rifa'ie Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Mukhlis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan penjajagan awal di lapangan ada kesan bahwa pembelajaran sejarah dianggap siswa membosankan. Kesan tersebut terjadi diduga karena ada kesalahan persepsi terhadap materi yakni anggapan siswa bahwa tugas membaca merupakan beban dan kesalahan persepsi terhadap media yakni anggapan siswa bahwa hanya dengan terjun ke lapangan lah pembelajaran sejarah menjadi menarik. Temuan awal di lapangan dirumuskan menjadi tiga masalah pokok. Pertama pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam hal penggunaan media dan pemberian tugas membaca kedua persepsi terhadap penggunaan media dan ketiga persepsi siswa terhadap tugas membaca dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan persentase. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPA/IPS SMA Al-Rifa ie Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang semester Gazal tahun pelajaran 2007/2008. Jumlah sampel siswa sebanyak 42 orang siswa dan seorang guru mata pelajaran sejarah kelas XI. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan media dan tugas membaca dalam pembelajaran sejarah. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan adalah lembar observasi dan angket. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data-data tentang pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam penggunaan media dan tugas membaca yang dilakukan guru. Lembar angket dipergunakan untuk mengumpulkan data-data tentang persepsi siswa terhadap penggunaan media dan tugas membaca dalam pembelalajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan nopember sampai dengan Desember 2007 semester I / gasal. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantif dengan pendekatan persentase Hasil penelitian (1) secara umum penggunaan media dan pemberian tugas membaca dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah dapat dikatakan baik. Dapat dikatak bahwa penggunaan media dan tugas membaca dalam pembelajaran sejarah yang dilakukan guru menunjukakkan ada kesesuaian secara nyata dengan indikator yang diteliti (diamati) (2) persepsi siswa terhadap penggunaan media dalam pembelajaran sejarah diperoleh rata-rata 70 % dengan klasifikasi sebagian besar siswa memiliki persepsi cenderung positif (3) persepsi siswa terhadap tugas membaca dalam pembelajaran sejarah diperoleh rata-rata 67 % dengan klasifikasi sebagian besar siswa memiliki persepsi positif. Berdasarkan kesimpulan penelitian disarankan (1) bagi guru persepsi siswa terhadap penggunaan media dalam pembelajaran sejarah hendaknya dipertahankan bila perlu ditingkatkan agar fungsi media sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan pembelajaran dapat dioptimalkan. Begitu juga dengan pelaksanaan tugas membaca dalam pembelajaran sejarah (2) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan untuk meneliti persepsi siswa terhadap unsur-unsur lain dalam pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54435 |
Actions (login required)
View Item |