Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul di pendidikan kesetaraan Paket C, SMA Alternatif Lab. PLS UM / Wawan Budiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul di pendidikan kesetaraan Paket C, SMA Alternatif Lab. PLS UM / Wawan Budiarto

Wawan Budiarto (2009) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul di pendidikan kesetaraan Paket C, SMA Alternatif Lab. PLS UM / Wawan Budiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di SMA Alternatif Lab. PLS UM dilakukan dua kali dalam satu minggu yaitu setiap hari sabtu dan minggu. Masing-masing matapelajaran mendapat jatah waktu pertemuan selama 60 menit dalam satu pertemuan tatap muka hanya dua minggu sekali hal itu disebabkan karena banyaknya matapelajaran dan terbatasnya waktu. Materi pelajaran sejarah hanya mendapat porsi pertemuan dua minggu sekali. Hal tersebut menuntut tutor untuk melakukan terobosan yaitu pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul sehingga materi yang banyak dapat diterima dan dipelajari dengan baik oleh warga belajar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul di Pendidikan Kesetaraan Paket C SMA Alternatif Lab. PLS UM kedua bagaimana pendapat warga belajar terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul di Pendidikan Kesetaraan Paket C SMA Alternatif Lab. PLS UM mendeskripsikan pendapat warga belajar terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Alternatif Lab. PLS UM. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama pembelajaran sejarah di Pendidikan Kesetaraan Paket C SMA Alternatif Lab. PLS UM sudah berjalan dengan baik yang dilaksanakan secara berurutan dari kegiatan awal inti dan penutup Kedua pendapat warga belajar terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan modul pada umumnya warga belajar (17 orang atau 85%) yang suka sekali terhadap pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul. Sedikit warga belajar (3 orang atau 15 %) yang agak suka terhadap pembelajaran sejarah dengan modul sehingga kemudian terdapat sebagian kecil warga belajar (5 orang atau 25% yang suka sekali) sebagian warga belajar yang suka dan sedikit warga belajar yang tidak suka terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran sejarah. Berdasar hasil pengkajian ini maka perlu dipikirkan kembali bagaimana cara pembenahan pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan mengunakan modul agar lebih menarik bagi warga belajar di SMA Alternatif Lab. PLS UM. Untuk masalah yang sekiranya perlu untuk dikaji lebih lanjut adalah hubungan antara muatan isi modul dengan prestasi belajar warga belajar di SMA Alternatif Lab. PLS UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54434

Actions (login required)

View Item View Item