Perkembangan penggambaran gaya Kala pada situs Hindu-Budha masa Siŋhasāri / Retno Ika Wahyu W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan penggambaran gaya Kala pada situs Hindu-Budha masa Siŋhasāri / Retno Ika Wahyu W.

Retno Ika Wahyu W. (2008) Perkembangan penggambaran gaya Kala pada situs Hindu-Budha masa Siŋhasāri / Retno Ika Wahyu W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang melatari penelitian ini adalah bahwa tidak semua kala pada masa Si 331 has 257 ri memiliki ciri khusus yang sama. Selain itu dimungkinkan adanya gaya tersendiri pada kala masa Si 331 has 257 ri ini seperti halnya arca dan bangunan percandiannya yang juga memiliki gaya tersendiri yakni gaya Si 331 has 257 ri. Masalah yang diteliti bertalian dengan (A) perian gaya kala pada candi-candi masa Si 331 has 257 ri terkait dengan ciri-ciri umum dan khusus kala pada bangunan percandian masa Si 331 has 257 ri (B) perbandingan penggambaran gaya kala pada beberapa situs Hindu-Budha masa Si 331 has 257 ri dan (C) perkembangan penggambaran gaya kala pada situs Hindu-Budha masa Si 331 has 257 ri. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji gaya kala pada situs Hindu-Budha masa Si 331 has 257 ri adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif berusaha mengungkapkan perian gaya kala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini bersifat analitis yang memerlukan observasi untuk pengumpulan data dan komparasi untuk analisis data. Objek terteliti keseluruhan adalah kala pada situs Hindu-Budha masa Si 331 has 257 ri sesuai dengan lingkup area penelitian. Metode observasi digunakan untuk jenis penelitian deskriptif-arkeologi ini. Hasil penelitian ini meliputi beberapa hal sebagai berikut. Pertama ciri-ciri umum pada kala terteliti yang muncul secara konsisten dan dapat digunakan sebagai penanda dari kala masa Si 331 has 257 ri. Ciri-ciri khusus kala tampak pada detail perwajahannya yang berbeda-beda. Kedua perbandingan gaya kala pada beberapa situs Hindu-Budha masa Si 331 has 257 ri menampakkan jumlah yang bervariasi dan membuktikan adanya kekhasan yang dimiliki oleh masing-masing kala pada tiap situs Hindu-Budha masa Si 331 has 257 ri. Ketiga melalui perbandingan gaya kala seperti yang sudah diuraikan sebelumnya menampakkan adanya suatu perkembangan gaya seni pemahatan kala pada masa Si 331 has 257 ri. Berdasar hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut berkenaan dengan bidang ilmu Sejarah Kesenian. Penelitian lebih lanjut mengenai perkembangan gaya khususnya ragam hias kala dapat dilanjutkan pada situs-situs lainnya yang tersebar di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54429

Actions (login required)

View Item View Item