Catur Windu Pamungkas (2009) Perbedaan prestasi belajar sejarah dengan menggunakan perangkat lunak autocad 2006 dan 3Ds Max7 sebagai media pembelajaran terhadap siswa kelas X SMU Negeri 8 Malang (studi kasus candi induk Penataran Blitar) / Catur Windu Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pamungkas. 2006. Perbedaan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Perangkat Lunak Autocad 2006 dan 3Ds Max7 sebagai Media Pembelajaran Terhadap Siswa Kelas X SMU Negeri 8 Malang . (Skripsi). Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Kasimanudin Ismain (II) Drs. Blasius Suprapta M.Hum. Kata Kunci Media Perangkat Lunak Prestasi Belajar 3 Dimensi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan media yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan media 3 dimensi. Hal ini dilakukan karena selama ini media yang digunakan untuk memberikan materi mata pelajaran sejarah di tingkat SMP dan SMU selama ini masih kurang dan juga masih sangat sederhana dengan hanya menggunakan media 2 dimensi yang hanya menampilkan gambar ataupun foto. Selain masalah media ini juga dibuat untuk mempercepat terselesainya pemberian materi mata pelajaran sejarah dan juga untuk lebih meningkatkan daya serap siswa dan nantinya bertujuan pada tercapainya prestasi belajar siswa yang lebih baik dibanding menggunakan media yang hanya dapat menampilkan gambar ataupun juga foto yang bersifat 2 dimensi. Selain itu juga pembuatan media ini untuk mempermudah pengajar menampilkan objek seperti candi seperti aslinya sehingga siswa dapat memahami dengan lebih baik tentang objek yang dipelajari karena tidak mungkin membawa objek candi kedalam kelas ataupun membawa siswa ke objek tersebut dikarenakan lokasi objek yang terlalu jauh dari tempat belajar siswa. Hal yang diteliti berkaitan dengan (a) Bagaimanakah Karakteristik kompleks percandian Penataran dan Candi Induk Penataran sehingga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran mengenai Denah Percandian Penataran bangunan apa saja yang dilewati sebelum masuk ke Candi Induk Penataran Candi Induk Penataran dan relief Ramayana dalam Candi Induk Penataran lanatai I. (b)Bagaimanakah prestasi belajar siswa menggunakan media Pembelajaran 2 dimensi OHP dalam materi pembelajaran tentang Candi Induk penataran. (c) Bagaimanakah prestasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran 3 dimensi Autocad 2006 dan 3Ds max7dalam materi pembelajaran tentang Candi Induk penataran. Dan (d) Bagaimanakah perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media OHP sebagai media 2 dimensi dan media Autocad 2006 dan 3Ds Max7. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah pendekatan kuantitatif untuk meneliti prestasi belajar siswa dengan menggunakan perangkat lunak Autocad 2006 dan 3Ds Max 7sebagai media pembelajaran yang berbasis 3 dimensi sehingga menghasilkan data kuantitatif. Objek terteliti secara keseluruhan adalah siswa kelas X SMU Negeri 8Malang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah berhasilnya penggunaan perangkat lunak Autocad 2006 dan 3Ds Max 7 sebagai media pembelajaran yang berbasis 3 dimensi pada peningkatan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan media berbasis 2 dimensi berupa OHP. Dan juga tercapainya keseluruhan meteri tentang peningglan Hindu-Budha yang difokuskan pada Objek Candi Induk Penataran dan cerita relief Ramayana secara garis besar dalam hal efisiensi waktu penyampaian materi dan terserapnya materi secara kesuluran dengan maksimal. Saran-saran yang dapat disumbangkan berkenaan dengan bidang keilmuan adalah bahwa perlunya penggunaan media berbasis 3 dimensi ini dalam bidang pendidikan sehingga peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dapat tercapai dengan maksimal. Selain itu juga penggunaan perangkat lunak ini dapat digunakan sebagai alat untuk lebih memperkenalkan bangunan bersejarah bagi masyarakat dengan nuansa yang berbeda. Sehingga masalah tentang mata pelajaran sejarah yang dianggap mata pelajaran yang membosankan dan selalu mendapat perhatian yang kurang dapat diatasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |