Sarikah (2009) Hubungan antara kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pelaksanaan pembelajaran pengetahuan sosial berdasarkan kurikulum 2004 di SD Yayasan Pupuk Bontang Kalimantan Timur semester II tahun ajaran 2005/2006 / oleh Sarikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dunia pendidikan di Indonesiadewasa ini menghadapi perubahan masyarakat yang semakin cepat dan kompleks sebagai dampak dari globalisasi dan perubahan tatanan kehidupan di Indonesia sejak krisis ekonomi sampai reformasi.Perubahan tersebut selain bersifat positif juga berdampak negatif khususnya dalam kehidupan masyarakat .Kehidupan di lingkungan sekolah atau di lingkungan siswa selalu dapat ditemukan berbagai permasalahan sosial ekonomidan budaya. Mata pelajaran Pengetahuan Sosial dalam kurikulum 2004 SD/MI diharapkan dapat menanamkan pemahaman dan upaya pemecahan masalah berbagai permasalahan di masyarakat. Akan tetapi harapan itu belum mampu diwujudkan dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial di SD. Pembelajaran masil konvensional meskipun sudah diterapkan Kurikulum 2004 yang menekankan pada pencapaian kompetisi dan belajar siswa. Masalah yang diteliti adalah (1) Bagaimana kualitas RPP Pengetahuan Sosial berdasarkan Kurikulum 2004 yang dibuat guru pada semester II-2005/2006 di SD Yayasan Pupuk Bontang Kalimantan Timur. (2) Bagaimana kualitas pelaksanaan pembelajaran Pengetahuan Sosial berdasarkan Kurikulum 2004 yang dilaksanakan guru pada semester II-2005/2006 di SD Yayasan Pupuk Bontang Kalimantan Timur. (3) Bagaimana hubungan antara kualitas RPP dengan pelaksanaan pembelajaran Pengetahuan Sosial dalam rangka mencapai efektifitas pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2004 pada semester II-2005/2006 di SD Yayasan Pupuk Bontang Kalimantan Timur.Tujuan penelitian ini ialah ingin mengetahui kenyataan ketiga permasalahan yang dikemukakan di atas. Rancangan penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dan korelasional.Populasi penelitian berjumlah 17 orang guru Pengetahuan Sosial SD Yayasan Pupuk Kaltim serta sampel prestasi belajar siswa dari kelas 3 dan kelas 5 dalam mata pelajaran Pengetahuan Sosial .Instrumen penelitian adalah kuesioner observasi dan dokumenter Penelitian dilaksanakan di SD Yayasan Pupuk Bontang Kalimantan Timur pada semester II 2005/2006.Data dianalisis korelasi Product Moment.. Hasil penelitian menunjukkan RPP yang telah disusun oleh guru Pengetahuan Sosial di SD Yayasan Pupuk Bontang Kalimantan Timur tergolong sudah sangat baik sebagian besar guru mampu membuat RPP dengan lengkap.Hal tersebut didukung oleh indikator-indikakor format RPP lengkap menyesuaikan materi dengan kurikulum 2004 membuat langkah pembelajaran terdiri dari tahap awal Inti dan Hasil analisis RPP rata-rata guru membuat secara lengkap dan cukup lengkap. Pelaksanaan pembelajaran pengetahuan sosial di SD Yayasan Pupuk Bontang Kalimantan Timur berdasarkan angket sudah baik 82 4% guru menanyakan materi sebelumnya. Pada tahap inti sudah baik guru membuat siswa semangat dalam belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan 70 6 % guru menggunakan media yang bisa membuat siswa menjadi lebih semangat belajar. Pada tahap akhir 52 9 % menunjukkan memberi tugas remedial dan pengayaan Sedangkah dari hasil observasi menunjukkan guru telah melakukan pembelajaran pengetahua sosial sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Dari hasil pengolahan data hubungan antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran ditunjukkan dengan perhitungan r hitung (0 518) r tabel (0 482) ada hubungan korelasi yang signifikan antara kualitas RPP dengan pelaksanaan pembelajaran pengetahuan sosial di SD Yayasan Pupuk Bontang Kalimantan Timur. Hasil persiapan mengajar yang baik dan pelaksanaan pembelajaran yang baik terlihat juga dari hasil prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas III adalah 8 43 berarti sangat baik dan rata-rata nilai kelas V yaitu 7 81 berarti baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan kualitas RPP tergolong snagat baik dan kualitas pelaksanaan pembelajaran pengetahuan sosial tergolong baik prestasi siswa juga baik yang berarti pelaksanaan pembelajaran telah berlangsung efektif. Saran yang dapat diberikan adalah (1) guru pengetahuan sosial di SD Yayasan Pupuk Kalimantan Timur perlu membuat RPP dengan melampirkan berbagai ragam bahan ajar seperti LKS modul berbagai instrumen observasi dan instrumen penilaian. Orientasi pembelajaran agar lebih diarahkan pada belajar individu dan kelompok dan mengurangi kalsikal (2) Sekolah atau Tim guru memprakarsai pembuatan bernbagai lampiran RPP yang tersebut di atas. Untuk kepentingan itu gruu-guru dapat disertakan dalam forum-forum pengembangan media/sumber belajar. (3) Bagi peneliti lain berdasarkan hasil penelitian diharapkan ada peneliti lain yang meneliti mengapa korelasinya agak rendah antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54416 |
Actions (login required)
View Item |