Irawan, Andi (2015) Pengembangan media video pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan percakapan teks deskriptif kelas VIII semester 2 di SMP Negeri 25 Malang / Andi Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irawan Andi 2015. PengembanganMedia Video PembelajaranPokokBahasanPercakapanTeksDeskriptifKelas VIII Di SMP Negeri 25 Malang. Skripsi JurusanTeknologiPendidikan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. SultonM.Pd (II) YerrySoepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Pengembangan video pembelajaran matapelajaranbahasaInggris Keberadaan media video pembelajaransangattidakdiasingkanlagi di dalamkelas. Dengan video siswadapatmengingatpesandengancepat. Video pembelajarandapatmemutarkembali video tersebutsesuaikebutuhan. Pembelajarandengan media video menumbuhkanminatsertamemotivasisiswauntukselalumemperhatikanpelajaran. Berdasarkanhasilobservasidanwawancaraawal yang dilaksanakan di SMP Negeri 25 Malang kelas VIII Mata PelajaranbahasaInggris. Padamateripercakapanteksdeskriptifkurangmendapatperhatiandarisiswa. Makadariitudiperlukan media pembelajaranberbasisvisualisasiyaitu video pembelajaran di manapembelajaraninidapatmemberikan stimulus siswa. Berkaitandenganitu diperlukanpengembangan video pembelajaran yang dapatmempermudahsiswamemahamipokokbahasanpercakapanteksdeskriptif di SMP Negeri 25 Malang. Tujuandaripengembanganyaituuntukmenghasilkansuatuproduk video pembelajaran yang valid sebagaisumberbelajar yang efektifdalammatapelajaranbahasaInggriskelas VIII pokokbahasanteksdeskriptif. Penelitianinimenggunakan model pengembanganSadiman langkah-langkahpengembanganiniyaituAnalisiskebutuhan analisisawal-akhir desain pengembangandanimplementasi evaluasi. Subjekpenelitiandalamvalidasipengembanganiniyaitusiswakelas VIII SMPN 25 Malang. Jenis data yang digunakanadalah data kuantitatif. Videopembelajaraninidivalidasioleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahlimaterisertapadaujicobaperorangansebanyak 2 orang ujicobakelompokkecilsebanyak6 orang danujicobalapangansebanyak 22 orang untukmengetahuihasilbelajarsiswaolehaudienssebanyak30 orang. Setelahdilakukanmetodeanalisis hasilvalidasivideopembelajaraninidinyatakan valid denganhasilperhitunganahli media didapatkanskorprosentasesebesar95% ahlimaterisebesar 97 5% dariujicobaperseorangandidapatskorprosentasesebesar86 25% dariujicobakelompokkecildidapatskorprosentase 87 9% danujicobalapangandidapatskorpresentase85 86%. Hal inimenunjukanbahwavideopembelajaraninidinyatakan valid untukdigunakansebagai media pembelajaran. Video pembelajaraninidinyatakanefektif haliniterbuktidariskorteshasilbelajar jumlahsiswayang memenuhistandarketuntasan minimal 75 didapatprosentasesebesar 93 34% setelahpenggunaanvideo pembelajaran. Disarankanuntukpengembangselanjutnyauntukmengkajitentangpemilihanmaterilebihdalam danpemilihanjenis video yang akandigunakanharusdisesuaikandengankarakteristikmaterisehinggadapatmencapaitujuanpembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |