Tingkat keterbacaan teks bahasa inggris: kesenjangan antara persepsi pengajar dan pembelajar - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat keterbacaan teks bahasa inggris: kesenjangan antara persepsi pengajar dan pembelajar

Ramadhani, Farah and Kusumarasdyati, Kusumarasdyati (2023) Tingkat keterbacaan teks bahasa inggris: kesenjangan antara persepsi pengajar dan pembelajar. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 26-34.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (92kB)

Abstract

Teks yang akan disajikan di kelas sebagai materi membaca pemahaman hendaknya diukur tingkat keterbacaannya supaya tidak terlalu mudah atau terlalu sulit. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat keterbacaan adalah penilaian subjektif dari pengajar, namun penelitian terdahulu menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang negatif antara persepsi pengajar dan pembelajar mengenai tingkat keterbacaan teks. Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari penelitian sebelumnya, dan dilaksanakan dengan tujuan untuk menggali secara mendalam mengapa teks yang diprediksi mudah oleh pengajar ternyata dianggap sulit oleh pembelajar, dan sebaliknya. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam mereplikasi studi korelasi di atas dengan jumlah responden yang lebih besar, yaitu 257 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Mereka mengisi angket terstruktur sehingga diperoleh data numerik. Kemudian pendekatan kualitatif digunakan untuk mengetahui alasan menganggap teks sulit atau mudah melalui angket tidak terstruktur dan focus group discussion. Hasil analisis mengkonfirmasi penelitian terdahulu bahwa korelasi antara persepsi pengajar dan pembelajar negatif dan sempurna. Kesenjangan ini terjadi karena perbedaan pandangan mengenai pengetahuan awal (prior knowledge), struktur kalimat dan kosakata. Berdasarkan temuan ini, tim peneliti memaparkan implikasi terhadap pembelajaran membaca pemahaman, utamanya terkait dengan tingkat keterbacaan dalam pemilihan teks.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:31
Last Modified: 05 Mar 2024 04:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5419

Actions (login required)

View Item View Item