Peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar literasi dan numerasi anak usia dini melalui pemanfaatan aplikasi wordwall - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar literasi dan numerasi anak usia dini melalui pemanfaatan aplikasi wordwall

Astuti, Wuri and Sutama, I Wayan and Anisa, Nur and Muna, Farah Adiba Nailul and Saputri, Azzahra Devi and Khoni'ah, Siti (2023) Peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar literasi dan numerasi anak usia dini melalui pemanfaatan aplikasi wordwall. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 435-441.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (86kB)

Abstract

Kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar literasi dan numerasi untuk anak usia dini merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dimana pemanfaatan aplikasi WordWall bisa menjadi solusi efektif dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak peningkatan kemampuan guru anak usia dini dalam mengembangkan bahan ajar literasi dan numerasi menggunakan aplikasi WordWall. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif postpositivsm dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah guru TK LAB UM Blitar dan sampel penelitian diambil secara purposive. Teknik analisis data menggunakan deskriptif model interaktif teknik Miles and Huberman. Hasil temuan menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi WordWall dianggap efektif dalam membantu guru mengembangkan bahan ajar. Dampak positifnya kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar literasi dan numerasi mengalami peningkatan signifikan setelah diberikan pelatihan dalam pemanfaatan aplikasinya. Dampak lain yang terdokumentasi juga terlihat dalam pembelajaran seperti peningkatan keterlibatan anak dan pemahaman anak terhadap literasi dan numerasi. Sebagai rekomendasi, disarankan agar penerapan pelatihan pemanfaatan aplikasi WordWall ini bisa diperluas ke lembaga pendidikan lain. Selain itu, pelatihan yang berkelanjutan perlu dilakukan untuk memastikan penggunaan aplikasi sesuai dengan perkembangan kurikulum dan kebutuhan pendidikan anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:05
Last Modified: 24 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5414

Actions (login required)

View Item View Item