Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif pada topik pemanasan global terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri Jatiroto Kabupaten Lumajang / Lesy Lia Swastin Amrillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif pada topik pemanasan global terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri Jatiroto Kabupaten Lumajang / Lesy Lia Swastin Amrillah

Lesy Lia Swastin (2010) Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif pada topik pemanasan global terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri Jatiroto Kabupaten Lumajang / Lesy Lia Swastin Amrillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media pembelajaran CD Interaktif hasil belajar. Media pembelajaran berperan penting dalam pembelajaran. Namun pada kenyataan di lapangan guru masih enggan untuk menggunakan media dalam proses pembelajaran. Pada mata pelajaran geografi kehadiran media sangat diperlukan untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Ada beberapa jenis media audio visual salah satunya adalah media CD pembelajaran. CD pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah CD pembelajaran interaktif dimana penggunaannya dapat menciptakan interaksi antara guru dengan siswa selain itu juga media ini digunakan karena memiliki beberapa kelebihan seperti mampu menampilkan animasi bergerak dilengkapi dengan audio dan gambar-gambar yang tampilannya menarik. Media ini juga dapat membuat cara berpikir siswa lebih konkrit dan nantinya dengan sendirinya akan lebih meningkatkan pemahaman materi dari pada apabila di dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan ceramah tanpa adanya kehadiran media. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajarn CD Interaktif pada topik pemanasan global terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri Jatiroto. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 44 50 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 35 25 dengan nilai probabilitas (sig) pada t hitung adalah 0 001. Berdasarkan analisis data diambil kesimpulan bahwa hasil belajar geografi pada kelas yang menggunakan media pembelajaran CD Interaktif lebih baik daripada kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran CD Interaktif. Merujuk analisis data maka dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran CD Interaktif pada topik pemanasan global berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Jatiroto. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan media pembelajaran CD Interaktif sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan media pembelajaran CD interaktif pada materi selain pemanasan global atau menggunakan metode dan media yang berbeda serta aspek yang diukur adalah aspek yang lainnya. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54116

Actions (login required)

View Item View Item