Studi kondisi sosial ekonomi dan kemiskinan di Desa Serabarat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep / Prayogi Puja Antara - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kondisi sosial ekonomi dan kemiskinan di Desa Serabarat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep / Prayogi Puja Antara

Prayogi Puja (2010) Studi kondisi sosial ekonomi dan kemiskinan di Desa Serabarat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep / Prayogi Puja Antara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Studi Sosial Ekonomi Kemiskinan Desa Serabarat merupakan salah satu desa yang terletak di sebelah barat Kecamatan Bluto. Luas lahan pertanian mencapai 287 5 ha dikerjakan oleh 75% dari penduduk desa. Jumlah penduduk mencapai 1.852 jiwa terbagi menjadi 624 KK. Jumlah masyarakat miskin atau masyarakat yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 195 KK jumlah ini merupakan yang terbesar apabila dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Bluto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi yang ditinjau dari aspek jumlah beban tanggungan keluarga jenis pekerjaan luas lahan garapan dan tingkat pendidikan. Selanjutnya mendeskripsikan tentang tingkat kemiskinan yang ada di Desa Serabarat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode survey dengan melakukan wawancara langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat miskin atau masyarakat penerima BLT di Desa Serabarat. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi dan kemiskinan yang terjadi di Desa Serabarat dengan menggunakan tabel persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi yang ditinjau dari aspek 1) jumlah beban tanggungan keluarga pada kategori 5 2% 2) berdasarkan jenis pekerjaan responden yang bekerja sebagai petani adalah 29% buruh tani 11% kuli bangunan 43% pedagang 16% lainya 1% 3) berdasarkan luas lahan garapan responden yang tidak memiliki lahan garapan adalah 55% 0 01-0 24 ha 21% 0 25-0 5 ha 19% 0 5% 5% 4) tingkat pendidikan responden yang tidak pernah sekolah adalah 39% SD/Mi 56% SLTP 5%. Tingkat kemiskinan dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu paling miskin miskin sekali miskin. Responden yang tergolong paling miskin adalah 7% miskin sekali 39% dan miskin 54%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54115

Actions (login required)

View Item View Item