Penyusun sistem informasi pariwisata untuk mendukung promosi objek wisata di Kabupaten Mojokerto / Amelia Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyusun sistem informasi pariwisata untuk mendukung promosi objek wisata di Kabupaten Mojokerto / Amelia Pratiwi

Amelia (2010) Penyusun sistem informasi pariwisata untuk mendukung promosi objek wisata di Kabupaten Mojokerto / Amelia Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pariwisata Sistem Informasi Geografis (SIG) Pariwisata di Kabupaten Mojokerto sangat beragam namun masih memerlukan pengembangan terutama pada objek wisata yang mempunyai potensi dan promosi wisatanya hal ini dikarenakan informasi tentang objek wisata tersebut masih kurang. Untuk lebih mengembangkan pariwisata di Kabupaten Mojokerto diperlukan suatu informasi yang lebih informatif sehingga dapat memberikan kemudahan bagi wisata- wan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1)Apakah penggunaan sistem informasi pariwisata berbasis data spasial dapat membantu inventarisasi objek wisata di Kabupaten Mojokerto (2)Bagaimana promosi objek wisata di Kabupaten Mojokerto Penelitian ini bertujuan (1) Melakukan inventarisasi objek wisata di Kabupaten Mojokerto. (2)Melakukan penyusunan informasi periwisata berbasis data spasial di Kabupaten Mojokerto. Ruang lingkup penelitian ini adalah objek wisata di wilayah Kabupaten Mojo- kerto. Populasi dalam penelitian ini adalah objek wisata yang ada di tiga kecamatan di Kabupaten Mojokerto yaitu Kecamatan Trawas Kecamatan Pacet dan Kecamatan Trowulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan ob- servasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis dengan SIG dan analisis deskriptif. Dalam analisis SIG peta RBI Digital 1 25000 terbitan BAKORSUL- TANAL tahun 2001 wilayah Kabupaten Mojokerto didigitasi ulang dan divalidasi dengan menggunakan software arcview 3.3. Peta yang sudah didigitasi ulang dan di- validasi kemudian diberi animasi menggunakan Macromedia flash. Berdasarkan hasil anaisis objek wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto ter- bagi atas objek wisata yang sangat berpotensi berpotensi cukup berpotensi dan ku- rang berpotensi. Untuk itu dalam pengembangannya perlu adanya pioritas. Selain itu juga untuk promosi yang ada di Kabupaten Mojokerto perlu adanya penyempurnaan dengan memanfaatkan aplikasi SIG yang menggunakan Arcview dan macromedia flash sehingga dapat disajikan informasi pariwisata yang cepat dan data yang dihasil- kan lebih menarik serta para wisatawan dapat dengan mudah mengakses informasi pariwisata Kabupaten Mojokerto. Saran yang dapat diberikan adalah dalam pengembangan onjek wisata sebaiknya lebih dipioritaskan pada objek wisata yang mempunyai potensi tinggi dan peningka- tan aksesibilitas akomodasi pengusahaan daya tarik wisata dan promosi objek wi- sata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54112

Actions (login required)

View Item View Item