Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Asesmen Formatif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Asesmen Formatif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif

Laila, Qumil and Sari, Murni Sapta and Fitriyati, Umi (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Asesmen Formatif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 329-336.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (85kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 sehingga mampu berkompetisi di dunia global. Hasil studi awal menunjukkan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa SMAN 8 Malang masih sangat rendah, yaitu 1,970 dari nilai maksimal 4. Rendahnya keterampilan berpikir kritis berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Sebanyak 50,64% dari 184 siswa kelas XI SMAN 8 Malang pada pembelajaran Biologi belum memenuhi nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA SMAN 8 Malang pada materi Sistem Reproduksi. Penelitian menggunakan quasi eksperimen non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PBL berbantuan asesmen formatif dan MIPA 2 sebagai kelompok kontrol menggunakan model PBL. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif berupa 10 soal pilihan ganda dan 5 soal esai untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan anakova diperoleh nilai F hitung pengaruh model PBL berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 11,370 atau > 0,050, sedangkan nilai F hitung terhadap hasil belajar kognitif siswa sebesar 17,850 atau > 0,050. Hasil tersebut menunjukkan hipotesis penelitian diterima sehingga terdapat pengaruh signifikan model PBL berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penerapan model PBL berbantuan bentuk asesmen formatif lainnya dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: problem based learning, asesmen formatif, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:08
Last Modified: 12 Feb 2024 04:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item