Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar bidang study geografi pokok bahasan sumber daya alam siswa kelas XI IPS 1 di MAN 1 Malang / Tutik Rijayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar bidang study geografi pokok bahasan sumber daya alam siswa kelas XI IPS 1 di MAN 1 Malang / Tutik Rijayati

Tutik (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar bidang study geografi pokok bahasan sumber daya alam siswa kelas XI IPS 1 di MAN 1 Malang / Tutik Rijayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rijayati Tutik 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Bidang Studi Geografi Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Siswa Kelas XI IPS I Di MAN I Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Drs. Soetjipto TH S.H Kata Kunci model Jigsaw proses pembelajaran hasil belajar Geografi Selama ini metode pembelajaran yang digunakan di MAN I Malang adalah metode ceramah. Ternyata metode ini kurang mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar geografi siswa. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata mata pelajaran geografi pada materi sebelumnya kurang bagus yaitu sebesar 69 36. Informasi mi diperoleh dari guru mata pelajaran geografi. Selain itu di kelas XI IPS 1 MAN 1 Malang belum pernah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model Jigsaw. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 33 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 13 orang dan jumlah siswa perempuan 20 orang. Metode pengumpulan data melalui observasi untuk memperoleh data proses belajar siswa dan data 5 unsur dasar pembelajaran kooperatif Jigsaw dan tes akhir individu siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menjelaskan proses pembelajaran sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran mengalami peningkatan. Peningkatan ini ditandai dengan naiknya persentase tingkat ketercapaian pa d a setiap 5 unsur kooperatif yaitu interaksi tatap muka tanggung jawab individu saling ketergantungan positif ketrampilan komunikasi antar individu dalam kelompok dan evaluasi proses kelompok. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hasil belajar geografi siswa meningkat dari 69 36 (kemampuan awal) menjadi 71 94 (hasil akhir Siklus 1) menjadi 82 73 (hasil akhir siklus II) sebesar 64 91%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Malang. Oleh karena itu disarankan bagi guru bidang studi geografi dapat menerapkan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini sebagai alternatif dalam membelajarkan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54004

Actions (login required)

View Item View Item