Pengaruh program perbaikan dan pengayaan terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas I semester I di MAN 3 Malang tahun pelajaran 2002-2003 / Nurul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh program perbaikan dan pengayaan terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas I semester I di MAN 3 Malang tahun pelajaran 2002-2003 / Nurul Hidayati

Nurul (2009) Pengaruh program perbaikan dan pengayaan terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas I semester I di MAN 3 Malang tahun pelajaran 2002-2003 / Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaanp endidikan nasional bertujuan untuk menciptakan manusia Indonesiay ang berkutitasy arg merniliki kemampuanp engetahuand an keframpilan. Untuk itu diperlukanp engelolaanp endidikany angiebih baik-clanp enyediaans aranad an P_ffarana serta temga pendidikan yang memadai. suatu proses belajar mengajar dikaakan baik apahila -pros s tersebut dapat membangkitkan semangat -belajar slswa yang akan mempengaruhpi restasib elajar siswa. Kegia6n yang ditemiuh oleh seorang gur_u untuk mengetahui. prestasi belajar siswa salah satu diantaranya adalah melaksanakaunl anganh arian set lahm enyelesaikans alahs atu pokok bahasana taupun sub pokok bahasan Namun ulangan harian yang diselenggaraian tenebut belumlah dapatm enumbuhkanp restasib elajar siswa dalam menekuni salah satu mata pelajaran khususnyam ata pel4iaranG eografi. Salahs afu upayay ang dilakukan oleh seorang-guru untuk memupuk serta menumbuhkan prestasi belaJar -siswa adalah melaksanakan prognm perbaikan dan program pengayaarl Tryuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program perbaikan dan programp engayaante rhadapp restasi belajar siswa dalam mata pelajara-nG eografi di MAN3 Malang. Berdasarkana nalisis data setelahe ksperimend ilakukan temyata nilai rata-rata pret es4 9 3421d anr ata-ratan ilai pos tes77 7632.Inib erartin ilai rata-ratap ost esl ebih bat daripada pre tes. uji hipotesis yang digunakan adalah t-t r tp ong dengan hasil uji t hihmg 13 474 s edangt tabel 2 oit karemt hitung t tabel maL tripotJsis diterima. Sehingga oanat i1ir-nqulkan ada pengaruh p.ogrtti perbaikan dan piogram ryngayaante rhadapp restasbi elajar Geografis iswa kelas I semeiter I di MAN 3-MJang tahunp elajaran2 002-2003. Berdasarkanh asil penelitian ini beberapas .ran yang diajukan adalah(r) guru haruss enantiasam elaksanakanp rogramp erbaikana pabila itui yung diperoleh siswa di bawah 75 agar prestasi belajarnya meningkat -(2) diharapk g.. senantiasa melaksanakapnr ogam p ngayaana pabitan ilai yang diperolehs iswad i atas7 5 agar prestasbi elajamyam eningkat. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54003

Actions (login required)

View Item View Item