Identifikasi kendala guru geografi dalam mengimplementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri se-kabupaten Aceh Utara / Muthmainna - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kendala guru geografi dalam mengimplementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri se-kabupaten Aceh Utara / Muthmainna

UNSPECIFIED (2009) Identifikasi kendala guru geografi dalam mengimplementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri se-kabupaten Aceh Utara / Muthmainna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muthmainna. 2009. Identifikasi Kendala Guru Geografi dalam Mengimplementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Utara. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Drs. Yusuf Suharto. Kata kunci Kendala Guru Implementasi KTSP. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa guru-guru SMA Negeri di Kabupaten Aceh Utara masih mengalami kendala melaksanakan pembelajaran geografi secara utuh sistematis dan berkesinambungan dalam upaya mengimplementasikan KTSP. Hal ini ditunjukkan bahwa beberapa guru mengalami kendala dalam mengembangkan silabus dan RPP. Kegiatan pembelajaran yang sering digunakan guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa seperti yang tercantum dalam amanat KTSP. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kendala guru geografi dalam mengimplementasi KTSP. Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kendala guru geografi dalam implementasi KTSP di SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Utara. Variabel tersebut dijabarkan menjadi sub variabel sebagai berikut (1) kendala dalam membuat perencanaan pembelajaran sesuai KTSP (2) kendala dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan KTSP (3) pelaksanaan evaluasi berdasarkan KTSP. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi di 25 SMAN se-Kabupaten Aceh Utara. Jumlah guru yang dijadikan sampel adalah 41 orang. Penelitian ini mengunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru geografi di SMA Negeri se- Kabupaten Aceh Utara masih mengalami kendala dalam menerapkan KTSP baik dalam pembuatan perencanaan pembelajaran dan dalam aplikasinya karena KTSP masih baru dilaksanakan. Kendala tersebut antara lain (1) Dalam mengembangkan silabus guru mengalami kesulitan mengembangkan pengalaman belajar dan menentukan alokasi waktu (2) Dalam mengembangkan RPP guru mengalami kesulitan dalam menentukan metode yang melibatkan siswa secara aktif dan menentukan materi sesuai dengan struktur keilmuan (3) Dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan dalam membangkitkan minat keaktifan siswa dan menggunakan media belajar karena keterbatasan sarana yang dimiliki sekolah. (4) Dalam evaluasi guru geografi mengalami kesulitan dalam menjabarkan indikator dalam butir soal dan membuat soal dengan kalimat yang mudah dipahami siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan KTSP di SMA Negeri Se Kabupaten Aceh Utara masih belum optimal karena masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam proses pengembangan silabus dan RPP proses pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan kegiatan evaluasi dengan berbagai tingkatan. Dari hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru untuk meningkatkan pemahaman terhadap KTSP dengan mengikuti seminar penataran tentang KTSP dan juga perlu untuk meningkatkan kinerja baik dalam merencanakan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran. Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Utara supaya melakukan koordinasi yang lebih intensif dengan masing-masing sekolah sehingga dapat memantau pelaksanaan KTSP di setiap sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54002

Actions (login required)

View Item View Item