Optimasi kualitas media pembelajaran apresiasi seni bermuatan lokal dengan pendekatan black box testing, system usability scale, dan user experience questionnaire - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi kualitas media pembelajaran apresiasi seni bermuatan lokal dengan pendekatan black box testing, system usability scale, dan user experience questionnaire

Iriaji, Iriaji and Isa, Badrul Bin and Sari, Nandha Mustika and Roziqin, Mohamad Firzon Ainur and Surya, Eka Putri and Aruna, Alby (2023) Optimasi kualitas media pembelajaran apresiasi seni bermuatan lokal dengan pendekatan black box testing, system usability scale, dan user experience questionnaire. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 352-369.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji optimasi media pembelajaran apresiasi seni bermuatan lokal menggunakan Black Box Testing, System Usability Scale (SUS), dan User Experience Questionnaire (UEQ). Fokusnya adalah evaluasi dan peningkatan fitur dan fungsi untuk menjamin pengalaman belajar efektif bagi siswa. Black Box Testing mengevaluasi fungsionalitas teknis; SUS mengukur kenyamanan dan kemudahan penggunaan secara kuantitatif; UEQ menggali insight kualitatif tentang respons emosional dan perseptual pengguna. Penelitian mengidentifikasi dan menganalisis elemen kunci yang mempengaruhi efektivitas media dalam menyampaikan konten seni lokal. Hasilnya menunjukkan kebutuhan akan optimasi di beberapa area, menegaskan bahwa integrasi konten seni lokal, desain interaktif, dan fungsionalitas teknis penting untuk pengalaman belajar menyeluruh dan menarik. Penelitian ini membuka jalan untuk peningkatan media pembelajaran yang bersangkutan, menjamin kualitas dan efektivitasnya dalam mengkomunikasikan konten seni bermuatan lokal kepada siswa. Kata kunci: apresiasi seni, VR, blackbox, SUS, UEQ

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:15
Last Modified: 12 Feb 2024 03:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

View Item View Item