Fitria, Intan Kharosi (2015) Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran IPA kelas VIII pokok bahasan sistem transportasi dan respirasi makhluk hidup di SMP N 2 Srengat / Intan Kharosi Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitria Intan Kharosi. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPAKelas VIII Pokok Bahasan Sistem Transportasi Dan Respirasi Makhluk Hidup Di SMPN 2 Srengat. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si Kata Kunci pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran IPA sistem transportasi dan respirasi pada makhluk hidup Multimedia interaktif merupakan salah satu media yang yang dapat membantu guru dalam memberikan materi khususnya materi tentang sistem transportasi dan respirasi pada makhluk hidup selain itu akan membuat peserta didik tidak jenuh dan tidak bosan dalam kegiatan pembelajaran karena dikemas sedemikian rupa sesuai karakteristik peserta didik. Pendidik perlu media alternatif lain selain buku paket untuk mempermudah penerimaan materi. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan multimedia interaktif untuk proses belajar mengajar. Tujuan yang diharapkan dengan melakukan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia interaktif mata pelajaran IPA kelas VIII pokok bahasan sistem transportasi dan respirasi pada makhluk hidup yang akan dijadikan media alternatif dalam proses pembelajaran sehingga pengajar tidak hanya berpacu pada buku panduan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dari Lee Owens dengan alur Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi. Alasan menggunakan model ini karena produk pengembangan berbasis komputer yaitu multimedia. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah peserta didik SMP N 2 Srengat kelas VIII. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan adalah data kualitatif berupa saran dan kritik yang diberikan oleh ahli media ahli materi dan peserta didik serta data kuantitatif yang berasal dari angket penilaian dan hasil uji coba lapangan Media ini divalidasi oleh ahli media sebanyak 1 orang ahli materi 1 orang dan siswa sebanyak 23 orang. Setelah dianalisis hasil penelitian multimedia interaktif ini dinyatakan valid atau layak digunakan dengan hasil perhitungan ahli media 91% ahli materi 91% kepada audiens/ siswa yaitu kelompok kecil 92 2% dan uji coba lapangan 92 5%. Sehingga dengan adanya multimedia interaktif yang telah valid ini dapat menjadi alternatif lain yang digunakan guru untuk membantu penyampaian materi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan multimedia pembelajaran interaktif ini dijadikan sebagai multimedia yang membantu guru dalam proses belajar mengajar selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar menggunakan multimedia interaktif diantaranya guru harus mempersiapkan urutan pembelajaran interaktif yang disajikan sesuai petunjuk pemanfaatan dan membaca buku petunjuk pemanfaatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/540 |
Actions (login required)
View Item |