Peranan materi pelestarian sumber daya alam dalam penumbuhan sikap dan perilaku siswa kelas 2 SLTP Negeri 22 Samarinda pada pengelolaan lingkungan hidup / oleh Erawaty - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan materi pelestarian sumber daya alam dalam penumbuhan sikap dan perilaku siswa kelas 2 SLTP Negeri 22 Samarinda pada pengelolaan lingkungan hidup / oleh Erawaty

Erawaty (2007) Peranan materi pelestarian sumber daya alam dalam penumbuhan sikap dan perilaku siswa kelas 2 SLTP Negeri 22 Samarinda pada pengelolaan lingkungan hidup / oleh Erawaty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sikap manusia terhadap pengelolaan lingkungan bisa berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Perbedaan sikap manusia tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faklor diantaranya (l) rendahnya tingkat pengetahuan dan pendidikan (2) rendahnya tingkat penghidupan sehingga dorongan untuk memenuhi kebutuhan mengabaikan arti lingkungan dan (3) masyarakat kurang memahami kedudukannya sebagai suatu ekosistem. Tujuan penelitian adalah unfuk memperoleh gambaran secara deskriptif tentang bagaimana penumbuhan sikap dan perilaku materi sumberdaya alam setelah siswa memperoleh materi sumberdaya alam pada pengelolaanli ngkunganh idup. Metode penelitian yang digunakan adalah desknpstifjenis penelitian studi kasus. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SLTP Negeri 22 Samarinda yang berjumlah243 siswa dengan menggunakan teknik random samphng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) peranan materi pelestarian sumberdaya alam mempunyai pengaruh positif dalam penumbuhan sikap siswa pada pengelolaan lingkungan hidup (2) peranan materi pelestarian sumberdaya alam mempunyai pengaruh positif dalam penumbuha perilaku siswa pada pengelolaaanli ngkungan hidup. Disarankan kepada pengambil keputusan di bidang pendidikan (l) materi pelestarian sumber daya alam diberikan secara intensif kepada siswa agar lebih tumbuh sikap dan perilakuyang positif terhadap pengelolaan lingkungan hidup. Dengan memiliki sikap dan perilaku yang positif siswa akan tumbuh kesadarannya sehingga diharapkan lebih sungguh-sungguh dalam mengelola lingkungan hidup terutama yang berkaitan dengan lingkungan sekolah (2) materi pelestarian sumberdaya alam seyogyanya terintegrasrkan pada semua bidang pelajaran (pendidikan berwawasan lingkungan). Bila perlu ada mata pelajaran khusus tentang pelestanan sumber daya alam pada level pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai p rguruan tinggi yang dilaksanakan secara terstruktur dan terprogram yang dimuat dalam kurikulum sehingga pada waktu yang mendatang siswa benar-benar akan tumbuh sikap dan perilaku yang positif pada pengelolaan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53819

Actions (login required)

View Item View Item