Pemetaan penyebaran pedagang kaki lima di Kotamadya Malang / oleh Tutik Lestyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan penyebaran pedagang kaki lima di Kotamadya Malang / oleh Tutik Lestyorini

Lestyorini, Tutik (2007) Pemetaan penyebaran pedagang kaki lima di Kotamadya Malang / oleh Tutik Lestyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sektor informal merupakan lapangan pekerjaan yang banyak menyerap tenaga kerja. Salah satu bentuk sektor informal adalah pedagang kaki lima. Adanya kecenderunganp edagangk aki lima dalarn melakukan aktifitasnya di pusatk ota mengakibatkan penyebaran pedagang kaki lima yang ada di Kotamadya Malang tidak merata di tiap wilayah dan penyebaran pedagang kaki lima tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk peta. Salah satu bentuk pemetaan untuk mengetahui penyebaranp edagangk aki lima itu adalahp eta koroplet sehinggad alam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penycbaran pedagang kaki lima memetakan penyebarapne dagangk aki lima dalamb entukp etak oroplet s elaini tujuga untuk mengetahui penyebaran kondisr sosial ekonomi pedagang kaki lima yang ada di Kotamadya Malang. Penelitian ini adalah penelitian survai. Populasi diambil dan seluruh pedagang kakil irnay anga dad i KotarnadyaM alang.S arnpcdl iambild ari scluruhp cdagang yang ada di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Klojen Sukun dan lowokwaru dengan metode purposive sampling. Sampel responden diambil dengan menggunakamn etode proporsionaal cakb erimbang.M etodep emetaany ang diterapkan dengan menggunakan metode koroplet dengan alasan bahwa data yang dipetakanb erupa data persebaranT. eknik pengambiland ata denganc ara melakukan observasiw awancara d an dokumentasi.A nalisis data dengan.menggunakaann alisis data keruangan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama usaha pedagang kaki hma ratarata sudah melakukan kegiatan usaha antara 3-9 tahun. Pada rentangan lama usaha itu pedagangb uahd i KecamatanK lojen memiliki persentastee rtinggiy aitu 83 3%. Sedangla ma usahay ang lebih dari 9 tahun terbanyakd ilakukan oleh pedagang barangbekadsi KecamatanS ukun yirng mencapa5i 0%.M odal kerja( usahal)e bih darr 1000 00 rupiaht crbanyakd igunakanp cdagandgi KccamatanK lolenm enoapal 48 5% . Modal kerjak urangd ari 25.000r ibu rupiaht erendahd igunakano leh pedaganbgu ku di KecamatanL owokwaru yangm encapa7i 6 7YoT. enagak erjay ang digunakasne bagianb esara tau7 2 2% di kerjakans endiri.H anyap edagangb arangbekasd i KecamatanS ukuny ang menggunakante nagak erja lebih dari dua orang mencap 1 4 3e/oP.e nghasilapne rminggute rtinggid iperoleho leh pedagangb arang bekasd i KecamatanS ukun mencapa5i 5 6V o.L amake4a rala-ralaperhari terbanyadki lakukano lehp edagangb uahd i KecamatanK lojen mencapaIi I jam perhari.K epadatanp edagangp erkilometerp ersegi beradad i KecamatanK lojen mencdpa2r4 4 orangp erkilometerp ersegiL. okasiu sahas ebagrabne sarp edagang melahrkank egiatanu sahanyad i sekitart erminal pasar d anj alur jalan. Untuk penyeharapne dagankga ki lima tidakm eratad i tiapw ilayah hal ini tcrlihatd ari tcrkonscntrasikunpn yra d agarkrugk i lirnad i kawasanp usatD. ilihatd ari penycbaran kondissi osiael konominypae dagandgi KecamataKnl ojenm empunyakio ndisis osial ekonomyia ngl ebihb aikb ila dibandingkadne ngank ondisis osiael konompi edagang di Kecamatayna ngl ain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53809

Actions (login required)

View Item View Item