Problematika penerapan metode karyawisata sebagai metode pembelajaran geografi di MAN Malang I / Murdiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika penerapan metode karyawisata sebagai metode pembelajaran geografi di MAN Malang I / Murdiah

Murdiah (2009) Problematika penerapan metode karyawisata sebagai metode pembelajaran geografi di MAN Malang I / Murdiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapanm etodek aryawisatad alam pembelajaranG eografi merupakans atu pilihan tepat bagi guru Geografi dalam memilih berbagai metode mengajar yang sesuai untuk penyampaian materi. Hal ini berkaitan dengan materi Geografi yang berhubungand engana lam sekitar. Dengan demikian penerapank aryawisatab anyak membantu siswa mempermudah pemahaman materi yang mereka terima namun hal tersebut juga mempunyai problematika yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dialami guru dan Siswa dalam penerapan metode karyawisata sebagai proses pembelajaran Geografi di MAN Malang I dan mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengataspi roblematikat ersebut. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian survei yang digunakan untuk mencari informasi mengenai populasi yang diteliti. Teknik pengambilan data menggunakan angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalahp ersentaseH. al ini dimaksudkanu ntuk mengetahuip roblematika penerapan metodek aryawisatasebagami etodep embelajaranG ecgrafi di I 4.1 .llr 4a gI . Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat beberapa problematika dalam penerapan metode karyawisata diantaranya (l) problematika C tm nelentuk-rn templt/objek karyawisata (2) problematika dalam merumuskan tujuan karyawisata (3) problematika dalam merancang kegiatan karyawisata (4) problematika dalam menentukan biaya (5) problematika dalam menentukan waktu karyawisata (6) problematika dalam menerima penjelasan guru pada waktu mengamatoi bjek karyawisata d an (7) problematikam enentukan tugaus ntuk siswa. Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika penerapan metode karyawisata sebagai metode pengajaran Geografi di MAN Malang I adalah yang berkaitan dengan perencanaan yang menggunakan metode belajar yang sesuai dengan kemampuan siswa menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan sumber belajar dan fasilitas lain yang tersedia memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah d an memanfaatkanfa silitas belajary ang tersediad i sekolah. Sedangkan yang berkaitan dengan pelaksanaannya adalah melaksanakan urutan kegiatan karyawisata yang menyesuaikan dengan kondisi saat karyawisata berlangsung dan membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil dengan tugas tertentu agar semua tujuan materi dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53799

Actions (login required)

View Item View Item