Evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo / oleh Heni Ari Diastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo / oleh Heni Ari Diastuti

Diastuti, Heni Ari (2007) Evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo / oleh Heni Ari Diastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalamp elaksanaanp rogam pemberdayaanm asyarakadt i desat ertinggal khususnydai daerahp esisir agar dapatberjalans ebagaimanam estinyam emerlukan tenagpae laksanay ang siap dan mampum endukungs ertam enjalankant ugasd engan baikd alamp elayanannyate rhadapm asyarakayt ang memanfaatkand anap rogram PemberdayaEank onomi MasyarakatP esisir.D iakui bahwas alahs atup enyebab kemiskinanm asyarakaat dalahk urangnyak emampuand iri untuk meningkatkant araf hidupnyad enganc ara menciptakan m emperluasla pangank erja yang produktif nelaluib erbagaip eningkatanb erbagaik egiatanu saha.U ntuk itu masyarakadt i desa psisir perlu dibina agarp elaksanaanp rogramP EMP dapatb erjaland enganb aik. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mengetahupi ermasalahante rsebutd alam penelitiainn i digunakanm etodep enelitiank ualitatifdenganfo kusp enelitiany aitu( l) proseps elaksanaanp rogramp emberdayaanm asyarakayt ang meliputi penyusunan rencanap elaksanaand an pencairand ana p elaksanaank egiatan m onitoring pelaporan( 2 ) kendalay ang dihadapip adap elaksanaanp rogramp emberdayaan masyaraka(t3 ) Faktor yang mendukungt erhadapp elaksanaanp ro am pemberdayaamna syarakat. Penelitianin i dilaksanakand i DesaG elungK ecamatanP anarukanK abupaten SitubondoS. umberd ata diperolehb erdasarkank ey informan sebagain forman kunci yangd iambil secarap urposy dan selanjutnyam enggunakante btik snowball samplingu ntuk mendapatkanin formasi yang lebih rinci tentangp rogram pemberdayaamn asyarakats ertad atay ang berupad okumen-dokumeny ang berkaitan denganp elaksanaanp rogramt ersebut b aik yangb erasald ari kantor desa k ecamatan dank abupatenA. nalisa data dilakukan setelahs emuad ata terkumpul. Langkahlangkahy ang ditempuhd alam analisisd ata adalah reduksi data dan display data pengambilakne simpulanv/ erifikasi.K eabsahadni uji melalui kedibilitas keteralihank etergantungan d an kepastian. Hasil penelitianin i menunjukkanb ahwap elaksanaapnr ogramp emberdayaan masyarakabt erjalank urangb aik karenaa dab eberapah ambatant erhadapt ahapantahapanp rosesp elaksanaanp emberdayaanm asyarakath al ini dibuktikan dengan prosesp elaksanaante rutamap adat ahapp elaksanaank egiatan m onitoring dan pelaporanm asih banyakh al yang harusd iperhatikant erutamay ang berkaitand engan pengembaliadna nas erta pelaporank emajuand ari programi ni yangb elumr nendapat perhatians ecarale bih efektif.K endalay angd ihadapip adap elaksanaapnr ogram pemberdayaamn asyarakaat dalahjumlah aparaty ang terbatas a spekp endidikan masyarakayt ang rendah s erhak endalas trukiural kultural misalnyak ebiasaankebiasaan yang membatasi nspirasi dan semangamt asyarakaut ntuk berkembang. S dangkefank tor yang mendukungt erhadapp elaksanaanp emberdayaanm asyarakat ncliputi potensi alam yang ada serta dukungan dari pihak pemerintah setempat. Untukm enjawab permasalahte rsebut m aka perlu untuk dilaksanakan pendidikadna n latihan bagj aparat pelaksanas ertam asyarakapt enerimab antuan secarlae bih efektif sehinggan antinyaa kan diperoleh sumberdayam anusiay ang hrkualitasy angm ampum engelolas umberdayaa lam yang ada secaral ebih optimal dany angt erpentingp elaksanaanp rogramd apatb erjalan lancar dan bisa meningkatkatanr af hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53786

Actions (login required)

View Item View Item