Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MA Al Ma'arif Singosari / Muhammad Nur Arifin

Arifin, Muhammad Nur (2019) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MA Al Ma'arif Singosari / Muhammad Nur Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin, Muhammad Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X MIA MA Al MaÔÇÖarif Singosari. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembingbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M. Pd. (2) Drs. Marhadi Slamet Kistyanto, M. Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah Kemampuan Memecahkan Masalah merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa, karena dalam menjalani aktifitas setiap harinya pasti akan berhadapan dengan suatu permasalahan. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan memecahkan masalah siswa adalah Problem Based Learning (PBL). Penerapan model pembelajaran PBL memilik kelebihan diantara mendorong siswa untuk mampu menghadapi permasalahan di dunia nyata sehingga berusaha untuk memperoleh pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIA di MA Al MaÔÇÖarif Singosari. Penelitian ini di desain dengan Quasi Experiment menggunakan Post Test Control Group Desaign. Subjek penelitian ini terdiri dari X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Pemilihan subjek ini dengan menggunakan random sampling, karena setiap kelas memiliki kesempatan yang sama. Pengukuran kemampuan memecahkan masalah menggunakan Uji-t (Independent Sample t-Test) dengan bantuan aplikasi SPSS 22.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Terbukti pada hasil nilai tes kelas eksperimen memiliki rata-rata 73,05 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 68,97. Selain itu nilai signifikansi pada uji hipotesis senilai 0,023 < 0.05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIA di MA Al MaÔÇÖarif Singosari. Penggunaan model pembelajaran PBL membutuhkan penyesuaian materi yang baik agar tujuan proses pembelajaran dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53785

Actions (login required)

View Item View Item