Saprowi, Ahmat (2019) Pengaruh model pembelajaran Science Environment Technology and Society (SETS) berbasis teknologi geospasial terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik MAN Kota Batu dalam pembelajaran geografi / Ahmat Saprowi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Saprowi Ahmat. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Science Environment Technology and Society (SETS) berbasis Teknologi Geospasial Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik MAN Kota Batu dalam Pembelajaran Geografi. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Purwanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci model pembelajaran SETS teknologi geospasial kemampuan memecahkan masalah. Geografi memiliki keunggulan yaitu 1) mengembangkan sikap melindungi dan tanggung jawab terhadap kualitas lingkungan dan 2) teknologi geospasial Geografi mendukung pendekatan multidisiplin untuk menyelidiki isu lingkungan saat ini. Keunggulan tersebut didukung oleh kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajarannya. Sayangnya pembelajaran Geografi di kelas saat ini masih menggunakan metode ceramah sehingga keunggulan Geografi belum optimal. Untuk mengoptimalkan keunggulan tersebut diperlukan model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan permasalahan lingkungan. Adapun model pembelajaran yang memberikan fasilitas tersebut ialah Science Environment Technology and Society (SETS) berbasis teknologi geospasial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS berbasis teknologi geospasial terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X MAN Kota Batu. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu dengan posttest only control group design. Subyek penelitian ini adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kemampuan memecahkan masalah peserta didik. Instrumen penelitian ini terdiri dari 6 soal uraian yang telah divalidasi menggunakan validasi isi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig. 2-tailed) yaitu 0 004 0.05 dan rata-rata (mean) kelas eksperimen (73 91) hasil tersebut lebih tinggi daripada kelas kontrol (65 50). Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran SETS berbasis teknologi geospasial terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik kelas X MAN Kota Batu. Berdasarkan temuan penelitian saran bagi guru model SETS berbasis teknologi geospasial dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran dikarena model ini memiliki keunggulan 1) teknologi geospasial yang membantu analis pemecahan masalah dan 2) dapat mengembangkan literasi teknologi peserta didik. Saran bagi peneliti lanjut 1) perancangan perencanan pembelajaran model ini harus dilakukan beberapa bulan sebelum penelitian 2) memastikan dukungan ketersediaan dan spesifikasi sarana komputer untuk teknologi geospasial dan 3) perlu diketahui dahulu kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan teknologi geospasial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53783 |
Actions (login required)
View Item |