Kontribusi pendapatan terhadap ekonomi rumah tangga tenaga kerja industri meubel di Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo / Fajar Perdana Hijriyanto

Hijriyanto, Fajar Perdana (2019) Kontribusi pendapatan terhadap ekonomi rumah tangga tenaga kerja industri meubel di Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo / Fajar Perdana Hijriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hijriyanto, Fajar Perdana. 2018. Kontribusi Pendapatan Terhadap Ekonomi Rumah Tangga Tenaga Kerja Industri Meubelair Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo . Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si (II) Drs. Marhadi Slamet K, M.Pd Kata kunci: kontribusi pendapatan Kegiatan manusia yang berkaitan dengan aspek fisik dalam geografi ialah pemanfaatan sumber daya alam. Jika di daerah tersebut memiliki sebuah komoditas sumber daya alam yang luas, maka sumber daya alam tersebut akan menjadi mata pencaharian utama masyarakat di daerah tersebut. Industri kecil di Indonesia mulai menjamur di beberapa tahun belakangan , hal ini di karenakan industri kecil tidak memerlukan modal banyak untuk memulai usaha. Selain itu, industri kecil juga dapat menyerap tenaga kerja, sehingga lebih menjanjikan untuk berkembang di Indonesia. Kabupaten Situbondo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Menurut sensus penduduk 2015 jumlah penduduk kabupaten situbondo 669.713 jiwa. Jumlah penduduk terbesar terdapat di Kecamatan Panji dengan jumlah penduduk sebesar 71.874 jiwa. Dengan jumlah penduduk yang besar kecamatan Panji memiliki beberapa industri kecil yang dapat menyerap tenaga kerja. Salah satu industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah industri tumah tangga meubelair. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey.Perolehan data dilakukan melalui wawancara terstruktur serta dokumentasi sebagai alat pengumpul data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabulasi tunggal dan tabulasi silang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 329 pekerja industri meubel. Teknik pengambilan sample menggunakan dua teknik yaitu pengambilan sample wilayah dan sample responden. Sample wilayah diambil berdasarkan 6 wilayah dengan jumlah industri meubel terbanyak. Dari perhitungan sample menggunakan rumus slovin ditemukan 69 responden. Teknik analisis data menggunakan tabulasi tunggal dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan pekerja industri meubel masuk dalam usia produktif dan sebagian besar berstatus kawin. Mayoritas pekerja memiliki beban tanggungan 2-3 orang.Pendidikan paling banyak ditempuh adalah SD dan SMP. Sebagian pedagang tersebut berkedudukan sebagai kepala rumah tangga. Sebagian besar Pendapatan bersih yang diperoleh pedagang sebesar 2.000.000 ÔÇô 2.999.999 per bulan. Rata-rata pekerja di indusri meubel sudah bekerja lebih dari 2tahun. Faktor beban tanggungan tidak ada hubungan dengan besarnya pendapatan yang diperoleh pekerja. Sedangkan lama kerja berhubungan dengan besarnya pendapatan. Semakin lama bekerja di Industri meubel semakin besar pula gaji yang diterima pekerja.Mayoritas pekerja memberikan kontribusi tinggi terhadap pendapatan keluarga yaitu sebanyak 34 pekerja memberikan kontribusi >65%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53782

Actions (login required)

View Item View Item