Pengaruh media volcano simulation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-IIS MA Al Maarif Singosari / Tri Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media volcano simulation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-IIS MA Al Maarif Singosari / Tri Novita Sari

Sari, Tri Novita (2019) Pengaruh media volcano simulation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-IIS MA Al Maarif Singosari / Tri Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sari Tri Novita. 2018. Pengaruh Media Volcano Simulation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MA Al Ma arif Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. (II) Purwanto S.Pd M.Si. Kata Kunci Media Volcano Simulation Kemampuan Berpikir Kritis. Materi vulkanisme dan dampaknya bagi kehidupan dalam penyampaiannya memiliki keterbatasan ruang waktu dan bahaya oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar siswa. Salah satunya menggunakan media volcano simulation. Media volcano simulation merupakan video simulasi mengenai erupsi gunung berapi. Media volcano simulation dilengkapi dengan gambar video simulasi suara dan tulisan yang menyajikan materi pembelajaran dan bahan diskusi. Media volcano simulation dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan siswa mengkritisi informasi yang ada dalam video mengenai vulkanisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media volcano simulation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IIS di MA Al Maarif Singosari. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan menggunakan desain posttest only control group. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas X-IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IIS 1 sebagai kelas kontrol. Pengukuran kemampuan berpikir kritis siswa menggunaan instrumen soal berupa esai. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media volcano simulation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi 0.014 0.05 serta perbandingan rata-rata kemampuan akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata kemampuan akhir berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu (1) bagi guru disarankan untuk dapat memanfaatkan penggunaan media di kelas terutama pada mata pelajaran geografi agar pembelajaran lebih efektif dan efesien (2) bagi lembaga pendidikan khususnya kepala sekolah disarankan lebih memotivasi guru untuk memanfaatkan media pembelajaran yang bervariasi di dalam kelas dan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pemanfaatan media video (3) bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang serupa disarankan dapat membuat atau memanfaatkan media dalam pembelajaran Geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53781

Actions (login required)

View Item View Item