Pengembangan media pembelajaran infografis materi ketahanan pangan, industri, dan energi untuk sekolah menengah atas sederajat / Raif Mudzaki

Mudzaki, Raif (2019) Pengembangan media pembelajaran infografis materi ketahanan pangan, industri, dan energi untuk sekolah menengah atas sederajat / Raif Mudzaki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Ringkasan Mudzaki, Raif. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Meteri Ketahanan Pangan, Industri, dan Energi Untuk Sekolah Menengah Atas Sederajat. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si (2) Drs. Hendri purwito, M.Si. Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran, Infografis. Perkembangan teknologi semakin harinya semakin pesat adanya, perkembangan ini membuat adanya perubahan perilaku kepada penggunanya seperti aksesbilitas, mobilitas, hingga hal terkecil seperti mempelajari sesuatu untuk peserta didik di sekolah. Hal ini membuat banyaknya peserta didik yang berkembang otak kanannya karena sejak kecil sudah disuguhkan media visual sehingga. Berimbas kepada pola belajar yaitu tipe visual yang terbukti pada saat observasi mayoritas seisi kelas merupakan peserta didik dengan tipe visual. Selain itu selama ini guru sudah berinovasi dalam pembelajaran menggunakan Power Point. Penelitian ini menggunakan metode burg and gall yang terstruktur dalam pelaksanaannya. Peneliti harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik peserta didik sebelum memutuskan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Metode ini perlu adanya validasi yang bertahap dari ahli yang sesuai dengan media pembelajaran yang digunakan seperti ahli media dan ahli pembelajaran geografi. Setelah validasi oleh ahli di uji kembali oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran agar lebih dan membuat media alternatif lain yang dapat digunakan di berbagai perangkat keras terutama pada peserta didik XI IPS 1 SMA Negeri 1 Jombang yang sudah terbiasa dengan media visual lainnya seperti Power Point dan video documenter. Namun, siswa kesulitan dalam mengakses selain dari guru, sehingga dalam mengulang pelajaran siswa kembali membaca buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infografis meningkatkan antusias peserta didik XI IPS1 SMA Negeri 1 Jombang. Hasil menerapkan infografis menunjukkan bahwa nilai penilaian angket sebesar 85,83. Yang berkategorikan baik dan layak digunakan. Namun perlunya perbaikan di beberapa frame agar pembelajaran tetap optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53780

Actions (login required)

View Item View Item