Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X IIS 1 MA Nasruddin Dampit Kabupaten Malang / Achmad Rizal Maulana

Maulana, Achmad Rizal (2019) Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X IIS 1 MA Nasruddin Dampit Kabupaten Malang / Achmad Rizal Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Maulana, Achmad Rizal. 2018 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas X IIS 1 MA Nasruddin Dampit Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Falkutas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd. (II) Dr. Didik Taryana, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery, Kemampuan Memecahkan Masalah. Peningkatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam pelaksanaan aktivitas, Model Pembelajaran yang berkaitan dengan pendekatan saintifik berkaitan dengan penemuan yaitu model pembelajaran Discovery yang meliputi (1) Stimulation (Stimulasi atau pemberian rangsangan), (2) Problem statement (pertanyaan atau identifikasi masalah), (3) Data Collection (Pengumpulan Data), (4) Data Processing (Pengelohan Data), (5) Verification (Pembuktian), (6) Generalisation (Menarik Kesimpulan atau Generalisasi). Menerapkan model pembelajaran discovery dengan mengaitkan kemampuan memecahkan masalah terdapat langkah-langkah kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan masalah pada penelitian ini dengan (1) mengidentifikasi masalah, (2) merumuskan masalah, (3) menganalisis masalah, mencari solusi, (4) serta memecahkan dan menyelesaikan masalah. Subjek penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Satu siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari tiga jam pelajaran. Alokasi waktu 3 jam pelajaran adalah 3 X 45 menit dengan menggunakan model pembelajaran Discovery diakhiri test soal essay berkaitan dengan kemampuan memecahkan masalah. Penelitian yang akan dilakukan yakni, tindakan kelas (PTK) digambarkan sebagai suatu proses yang dinamis meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran Discovery untuk menngkatkan kemampuan memecahkan masalah mengalami peningkatan rata-rata nilai sebelum melakukan tindakkan kelas sebesar 64,89 hingga kemampuan memecahkan peserta dari siklus I sebesar 76,43 sampai ke siklus II sebesar 78,07 mengalami peningkatan sebesar 1,64 Persentase peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 2,15%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery mata pelajaran geografi mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X IIS I MA Nasruddin Dampit Kabupaten Malang. Peneliti selanjutnya harus mempersiapakan kegiatan dalam pelaksanaan pra siklus, siklus I hingga siklus selanjutnya, agar para peserta didik tidak cepat bosan dalam kelas dengan melakukan, game dan tantangan agar para peserta didik berpusat pada guru dan fokus dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53779

Actions (login required)

View Item View Item