Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir spasial siswa MAN 3 Kediri / Nur Putri Yuniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir spasial siswa MAN 3 Kediri / Nur Putri Yuniarti

Yuniarti, Nur Putri (2019) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir spasial siswa MAN 3 Kediri / Nur Putri Yuniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Yuniarti Nur Putri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa MAN 3 Kediri. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Purwanto S.Pd M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kemampuan Berpikir Spasial Mata Pelajaran Geografi Kemampuan berpikir spasial dalam pembelajaran geografi di SMA masih tergolong rendah dan hanya menekankan pada aspek pengetahuan siswa yang bersifat hafalan. Berpikir spasial yang mengandung karakter geografi dalam menyelesaikan masalah masih belum banyak diterapkan. Pembelajaran yang dirancang untuk menumbuhkan kemampuan berpikir spasial siswa perlu menyajikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan ruang yang ada di lingkungan sekitar siswa. Berpikir spasial dapat dicapai melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Setiap proses dalam pembelajaran inkuiri terbimbing melatih siswa untuk berpikir secara aktif dalam membangun sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir spasial siswa MAN 3 Kediri. Jenis penelitian ini adalah posttest control group design. Subyek penelitian ini yaitu kelas XI IIS 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal uraian sebanyak 11 butir untuk pengukuran kemampuan berpikir spasial siswa. Analisis data menggunakan uji t-test yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI IIS 1 MAN 3 Kediri. Hasil tes yang telah dilakukan menujukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0.00 0.05 dan nilai rata-rata kelas kontrol 73 42 dan kelas eksperimen 82 22. Maka H0 ditolak atau dengan kata lain model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut model inkuiri terbimbing dapat digunakan guru sebagai model alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian mengenai model inkuiri terbimbing dengan materi yang berbeda dan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53778

Actions (login required)

View Item View Item