Penggunaan strategi differentiated learning berdasarkan gaya belajar dan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN 6 Kota Malang / Nia Lulitasari

Lulitasari, Nia (2019) Penggunaan strategi differentiated learning berdasarkan gaya belajar dan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN 6 Kota Malang / Nia Lulitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Lulitasari, Nia. 2018. Penggunaan Strategi Differentiated Learning Berdasarkan Gaya Belajar dan Penerapan model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo , M.Si (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si. Kata kunci: Strategi Differentiated Learning , Model Problem Based Learning, Gaya Belajar, Hasil Belajar. Siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Kota Malang diketahui memiliki hasil belajar yang rendah. Rendahnya hasil didasarkan data hasil ulangan harian siswa. Data hasil ulangan harian siswa pada materi dasar-dasar Geografi menunjukkan nilai rata-ratanya 73. Hal tersebut belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 75. Penyebab rendahnya hasil belajar bersumber dari faktor internal dan eksternal, seperti: (1) Siswa (2); Guru; (3) Fasilitas; dan (4) Penerapan Model Pembelajaran. Dari hasil analisis keempat aspek penyebab rendahnya hasil belajar siswa, yaitu faktor ekternal. Faktor eksternal tersebut berupa penerapan model pembelajaran konvesional yang tidak memperhatikan perbedaan gaya belajar siswa dan tidak melibatkan siswa sepenuhnya kedalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi Differentiated Learning dan menerapkan model Problem Based Learning di kelas X IPS3 SMA Negeri 6 Kota Malang. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain 2 siklus penerapan model pembelajaran. Subyek penelitian ini yaitu kelas X IPS 3 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal essai untuk pengukuran hasil belajar dan angket gaya belajar untuk mengetahui gaya belajar. Analisis hasil belajar dengan cara membandingkan rata-rata nilai hasil belajar pra tindakan dengan pasca tindakan. Analisis hasil belajar dengan cara membandingkan nilai rata siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Differentaiated Learning dan penerapan model Problem Based Learning berdasarkan gaya belajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat diketahui pada pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pra siklus adalah 72,6 rata-rata nilai siswa setelah tindakan siklus I adalah 77,70, dan rata-rata nilai siswa setelah tindakan siklus II adalah 81,93 dengan selisih 4,23. Sehingga perbandingan rata-rata pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 5,44. Sedangkan gaya belajar yang dimiliki siswa dikelas X IPS 3 ini terbagi menjadi tiga yaitu gaya belajar auditorial sebesar 48 % atau 13 siswa, gaya belajar kinestetik yaitu sebesar 37% 10 siswa dan gaya belajar visual sebesar 15 % atau 4 siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53777

Actions (login required)

View Item View Item