Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar geografi pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas X MA Bilingual Batu / Arief Wicaksana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar geografi pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas X MA Bilingual Batu / Arief Wicaksana

Wicaksana, Arief (2019) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar geografi pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas X MA Bilingual Batu / Arief Wicaksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wicaksana Arief. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Mata Pelajaran Geografi Peserta Didik Kelas X MA Bilingual Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si Kata Kunci Model Group Investigation Hasil Belajar Model group investigation merupakan pembelajaran yang aktif bagi peserta didik yang melibatkan dalam penyelidikan kelompok. Model ini memiliki kelebihan dalam proses pembelajaran. Model ini mempengaruhi peserta didik sehingga aktivitas dalam pembelajaran meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar geografi peserta didik pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas X IPS MA Bilingual Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 62 peserta didik dengan rincian yaitu X IIS 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 32 dan X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 31. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal essai pretest dan posttest yang berjumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Uji-t digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar geografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model Group Investigation terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas eksperimen. Rata-rata hasil belajar peserta didik eksperimen lebih tinggi 5 9 daripada kelas kontrol. Pada perhitungan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh Sig.(2-tailed) 0 000 8804 0 05 berdasarkan hal tersebut H0 ditolak. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Group Investigation terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas X IPS MA Bilingual Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53776

Actions (login required)

View Item View Item