Identifikasi faktor penyebab rendahnya minat memilih mata pelajaran geografi siswa lintas minat di SMAN se Kota Malang / Muhammad Nashruddin

Nashruddin, Muhammad (2019) Identifikasi faktor penyebab rendahnya minat memilih mata pelajaran geografi siswa lintas minat di SMAN se Kota Malang / Muhammad Nashruddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nashruddin, Muhammad. 2018. Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Minat Memilih Mata Pelajaran Geografi Siswa Lintas Minat se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II). Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si. Kata Kunci: Minat yang Rendah, Mata Pelajaran Geografi Minat siswa dalam memilih mata pelajaran geografi lintas minat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia tergolong rendah. Kota Malang merupakan salah satu kota besar di Indonesia, beberapa SMA Negeri yang memiliki peminat geografi berbeda, dari yang tinggi hingga yang rendah. Tinggi atau rendahnya minat memilih mata pelajaran geografi tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Fator minat siswa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab minat yang rendah dalam memilih mata pelajaran geografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Se-Kota Malang dengan sample yang dipilih adalah siswa yang tidak memilih mata pelajaran geografi pada kelas peminatan yang terrendah pada 3 sekolah. Penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Malang yang tidak memilih mata pelajaran geografi terrendah pada 3 sekolah yang berjumlah 793. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional sampling, yaitu cara pengambilan sample dari tiap sub populasi dengan membandingkan besar kecilnya sub-sub populasi tersebut. Sample yang di ambil yaitu 10% dari populasi berjumlah 71 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala Likert dan dianalisis melalui analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah minat yang rendah dalam memilih mata pelajaran geografi. Variabel tersebut terdiri dari faktor psikologis, intelegensi, keluarga, sekolah, dan lingkungan. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor penyebab minat yang rendah dalam memilih mata pelajaran geografi siswa lintas minat di SMA Negeri se-Kota Malang adalah faktor psikologi berjumlah 47,8% dan faktor inteligensi berjumlah 33,80%. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang wajib dijadikan perhatian bagi pihak yang terkait: (1). Bagi guru, hendaknya memberikan pengarahan bagaimana pentingnya mempelajari geografi, dan memberikan motivasi kepada siswa, dengan memberikan arahan-arahan kepada siswa tentang kesuksesan juga bisa ditempuh dengan mempelajari geografi. (2). Bagi Sekolah, hendaknya meberikan penyuluhan bagaimana pentingnya ilmu geografi dalam kehidupan sehari-hari. (3). Bagi Peneliti Selanjutnya, disarankan untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian lebih lanjut, misalnya tentang siswa di kelas peminatan geografi, pentingnya mempelajari geografi, dan motivasi untuk menarik siswa dalam memilih mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53775

Actions (login required)

View Item View Item