Pengaruh model pembelajaran discovery pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pare / Putri Maulina Setyoningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pare / Putri Maulina Setyoningrum

Setyoningrum, Putri Maulina (2019) Pengaruh model pembelajaran discovery pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pare / Putri Maulina Setyoningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Setyoningrum Putri Maulina. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Pare. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (2) Syamsul Bachri S.Si M.Sc. Ph.D. Kata kunci Model Pembelajaran Discovery Kemampuan Berpikir Analitis Model pembelajaran discovery dipilih untuk dieksperimenkan karena beberapa alasan. Alasan tersebut yaitu (1) model pembelajaran discovery sesuai dengan Kurikulum 2013 yang menerapkan pendekatan saintifik (2) membantu siswa menemukan pengetahuan baru melalui penemuan serta (3) mampu meningkatkan kemampuan berpikir pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pare. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian berupa test. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 39 siswa. Instrumen pengukuran kemampuan berpikir analitis menggunakan soal uraian sebanyak empat butir soal. Analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test. Kelas yang dipilih kemudian diberikan perlakuan yang berbeda. Pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metode konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery. Pada kelas kontrol siswa disampaikan materi mitigasi dan adaptasi bencana menggunakan ceramah. Pada kelas eksperimen materi mitigasi dan adaptasi bencana diberikan kepada siswa dengan kegiatan inovatif dimana siswa diharuskan mencari sendiri pengetahuannya melalui model pembelajaran discovery sehingga siswa mampu mengembangkan pemikirannya sendiri berdasarkan pengetahuan yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Kelas yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran discovery sebagian besar siswanya mampu menganalisis masalah pada materi mitigasi dan adaptasi bencana. Ini terjadi karena pada model pembelajaran discovery siswa diberi kebebasan untuk mencari pengetahuannya sendiri melalui penemuan sehingga mereka mampu menerima pengetahuan tersebut dengan mudah. Sebaliknya siswa yang hanya mendengarkan penjelasan tentang materi mitigasi dan adaptasi bencana cenderung sulit menganalisis masalah yang diberikan. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen sebesar 77 92 sedangkan rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa kelas kontrol sebesar 72 76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53774

Actions (login required)

View Item View Item