Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Nina Novitasari Aulia

Aulia, Nina Novitasari (2019) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Nina Novitasari Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Ringkasan Aulia, Nina Novitasari. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMAN 1 Kepanjen. Skripsi. Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. 1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. 2) Purwanto, S.Pd, M.Si. Kata kunci: Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar Geografi. Model pembelajaran GI merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok dilakukan dikelas dengan alasan: 1) sesuai dengan pembelajaran kontruktivistik kurikulum 2013, 2) dapat meningkatkan hubungan sosial siswa, dan 3) mendorong siswa belajar secara kontekstual. Dari alasan tersebut variabel lain yang ada adalah kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar geografi siswa yang akan diukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI terhadap kemampuan berpikir kritis dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI terhadap kemampuan berpikir kritis yang ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimental design). Subjek penelitian dilakukan di SMAN 1 Kepanjen pada kelas XI IIS 1 dan XI IIS 3 yang memiliki jumlah sama yaitu 36 siswa. Penelitian ini menggunakan isntrumen penelitian berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan angket untuk mengukur motivasi belajar geografi siswa. Analisis data menggunakan uji ANAVA dengan data yang diolah adalah data hasil posttest kemampuan berpikir kritis siswa dan data lain yang diolah adalah data motivasi belajar geografi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai dari hasil posttest siswa dan angket motivasi belajar geografi siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol merupakan kelas yang tidak mendapatkan perlakuan model pembelajaran GI, sedangkan kelas eksperimen merupakan kelas yang mendapat perlakuan model pembelajaran GI. Hasil dapi penelitian ini merupakan nilai posttest kedua kelas dan motivasi belajar geografi siswa. Nilai posttest kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai yang berbeda. Pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai 75% sedangkan pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis memiliki nilai 38,88%. Sedangkan untuk motivasi belajar geografi siswa kelas eksperimen memiliki nilai 66,66% sedangkan kelas kontrol memiliki nilai 50%. Jadi ada pengaruh model pembelajaran GI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53773

Actions (login required)

View Item View Item