Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran geografi Kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang / Fauziyah Eka Putri

Putri, Fauziyah Eka (2019) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran geografi Kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang / Fauziyah Eka Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Fauziyah Eka. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan pengamatan di kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang, diketahui kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Kemampuan berpikir kritis siswa rendah terlihat dari cara siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara membaca kembali dan mengemukakan jawaban sesuai dengan buku tanpa dianalisis terlebih dahulu. Penyebab kemampuan berpikir kritis siswa rendah dianalisis berdasarkan 4 (empat) aspek, yaitu: (1) aspek siswa; (2) aspek guru; (3) aspek sarana dan prasarana; (4) aspek penerapan model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis penyebab kemampuan berpikir kritis siswa rendah adalah model pembelajaran yang digunakan belum melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang dengan menerapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang dengan jumlah 36 siswa. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi model PBL dan lembar catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan cara mengukur kemampuan berpikir kritis siswa di akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diketahui rata-rata nilai hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada siklus I rata-rata nilai adalah 71,55 dan pada siklus II rata-rata nilai adalah 88,58. Dengan demikian, peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 17,03 dan persentase peningkatan sebesar 23,80%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang pada mata pelajaran geografi. Saran bagi guru agar dapat menerapkan inovasi model pembelajaran salah satunya PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53772

Actions (login required)

View Item View Item