Penerapan model Group Investigation (GI) berbantuan media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang / Muhammad Firman Bobinsyah

Bobinsyah, Muhammad Firman (2019) Penerapan model Group Investigation (GI) berbantuan media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang / Muhammad Firman Bobinsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Bobinsyah, Muhammad Firman. 2018. Penerapan Model Group Investigation (GI) Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 Di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Dr. Budi Handoyo, M.Si, 2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si. Kata kunci : Model Group Investigtion, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Video. Siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Malang diketahui memiliki beberapa permasalahan di kelas. Permasalahan kelas ini diketahui setelah melakukan kegiatan KPL pada kelas tersebut selama 8 pertemuan. Berdasarkan pertemuan yang dilakukan diketahui permasalahan yang ada ialah: (1) antusiasme siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran masih kurang yang dinilai berdasarkan indikator berpikir kritis; (2) indikator-indikator kemampuan berpikir kritis masih kurang diterapkan serta jarang untuk dilatih; (3) Pembelajaran kerapkali hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa mudah bosan. Ketiga permasalahan tersebut mempengaruhi faktor-faktor kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan adanya penerapan model GI serta untuk mengetahui seberapa besar media video membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 SMAN 7 Malang dengan jumlah siswa 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa: 1) lembar observasi, 2) catatan lapangan, 3) soal tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan pendekatan PAP (Pedoman Acuan Patokan) dan data yang diolah merupakan hasil dari tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model GI berbantuan media video dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Malang. Peningkatan kemampuan berpikir kritis tersebut dapat diketahui dari hasil pelaksanaan tes kemampuan berpikir kritis siswa siklus I dan II. Rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 68,18 dan 75,29 pada siklus II. Persentasi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 17,11%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan siswa. Peningkatan terjadi karena penerapan model GI dengan berbantuan media video. Media video mampu memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran. Jadi, penerapan model GI berbantuan media video mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keaktifan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53771

Actions (login required)

View Item View Item