Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa Kelas X IPS 3 pada mata pelajaran geografi di SMA Laboratorium UM / Yeyar Tyas Sayekti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa Kelas X IPS 3 pada mata pelajaran geografi di SMA Laboratorium UM / Yeyar Tyas Sayekti

Sayekti, Yeyar Tyas (2019) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa Kelas X IPS 3 pada mata pelajaran geografi di SMA Laboratorium UM / Yeyar Tyas Sayekti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sayekti Yeyar Tyas 2018. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X IPS 3 Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M. Si. (II) Drs. Rudi Hartono M. Si. Kata Kunci discovery learning kemampuan berpikir analitis Kemampuan berpikir analitis merupakan aspek penting dalam pembelajaran di sekolah. Siswa perlu mengembangkan kemampuan berpikir analitis untuk menalar serta mencari solusi terhadap masalah yang dihadapinya. Kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 3 SMA Laboratorium UM masih rendah. Beberapa permasalahan terkait kemampuan berpikir analitis siswa adalah selama ini pembelajaran hanya berorientasi pada guru seperti pembelajaran yang dilakukan dengan ceramah dan tanya jawab yang membuat siswa kurang terbiasa berpikir secara analitis dan siswa lebih sering mendapatkan soal ranah kognitif (C2) yang bersifat pemahaman dan menghafal materi saja sehingga tidak terbiasa dengan soal ranah analitis (C4). Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir analitis siswa rendah. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan model yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Laboratorium UM dengan subjek siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir analitis siswa menggunakan soal tes kemampuan berpikir analitis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis pada pra-tindakan adalah 56 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72 88 dan siklus II adalah 83 48. Persentase peningkatan pratindakan ke siklus I sebesar 30.14% dan siklus I ke siklus II sebesar 14.54%. Berdasarkan hasil temuan-temuan data dapat disarankan beberapa hal yaitu (1) bagi guru sebaiknya menerapkan model Discovery Learning dalam proses pembelajaran dan materi yang sesuai karena dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa (2) bagi sekolah Sekolah diharapkan menganjurkan kepada guru geografi untuk menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dalam materi yang sesuai dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam penerapan model Discovery Learning perlu penyesuaian materi dengan penerapan model Discovery Learning dan harus mampu mengatur waktu sehingga penerapan model Discovery Learning dapat optimal dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53770

Actions (login required)

View Item View Item