Analisis kebutuhan laboratorium geografi di SMA/MA Negeri se-Kota Malang / Riza Firdianzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan laboratorium geografi di SMA/MA Negeri se-Kota Malang / Riza Firdianzah

Firdianzah, Riza (2019) Analisis kebutuhan laboratorium geografi di SMA/MA Negeri se-Kota Malang / Riza Firdianzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdianzah Riza. 2018. Analisis Kebutuhan Laboratorium Geografi di SMA/MA Negeri se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Purwanto S.Pd M.Si. Kata Kunci mata pelajaran geografi kegiatan praktikum laboratorium geografi Mata pelajaran geografi di sekolah selama ini baru sebatas teksbook. Hal tersebut menunjukkan bahwa kompetensi yang dicapai masih sebatas pengetahuan. Aspek yang juga harus dicapai adalah aspek keterampilan. Selain itu Pada hakikatnya mata pelajaran geografi mengembangkan kemampuan siswa mengenali dan memahami gejala alam dalam kaitannya dengan keruangan dan kewilayahan. Berdasarkan hal tersebut siswa akan sulit mempelajari mata pelajaran geografi tanpa mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya. Salah satu kegiatan agar siswa dapat memahami mata pelajaran geografi yakni kegiatan praktikum di laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini memiliki 3 tujuan yakni untuk menganalisis kebutuhan kegiatan praktikum geografi berdasarkan kurikulum 2013 revisi untuk menganalisis kegiatan praktikum geografi berdasarkan persepsi guru dan untuk menganalisis kebutuhan laboratorium geografi. Populasi pada penelitian adalah seluruh guru di SMA/MA Negeri se-Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling yaitu sampel diambil berdasarkan kebutuhan penelitian. Sampel yang diambil berupa persepsi guru tentang kegiatan praktikum yang mengajar di setiap kelas X XI dan XII. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala Likert dan dianalisis melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 13 materi yang membutuhkan kegiatan praktikum berdasarkan kurikulum 2013 revisi ada 10 materi yang membutuhkan kegiatan praktikum berdasarkan persepsi guru dan ada 9 materi yang membutuhkan laboratorium geografi. Berdasarkan hasil penelitian ini menyarankan (1) Bagi guru guru hendaknya melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan KD-3 dan KD-4 (2) Bagi sekolah hendaknya meningkatkan ketersediaan fasilitas berupa laboratorium geografi (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai tata kelola ruang laboratorium geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53769

Actions (login required)

View Item View Item