Pengaruh penggunaan media audio visual berbantuan LKS terhadap keterampilan geografi peserta didik Kelas XI SMA / Septianingrum Ayu Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media audio visual berbantuan LKS terhadap keterampilan geografi peserta didik Kelas XI SMA / Septianingrum Ayu Fatimah

Fatimah, Septianingrum Ayu (2019) Pengaruh penggunaan media audio visual berbantuan LKS terhadap keterampilan geografi peserta didik Kelas XI SMA / Septianingrum Ayu Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Fatimah Septianingrum Ayu. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbantuan LKS Terhadap Keterampilan Geografi Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si Kata Kunci Keterampilan Geografi media audio visual LKS Pembelajaran geografi saat ini tidak hanya menekankan pada pengetahuan saja namun juga pada aspek pemahaman dan keterampilan yang dimiliki peserta didik. Adanya keterampilan tersebut dapat membantu peserta didik dalam menganalisis dan menyelesaikan suatu permasalahan secara kritis. Materi geografi yang mencakup gejala-gejala dan proses-proses alamiah adalah situasi nyata yang tidak selalu dapat disediakan oleh guru baik di kelas maupun di lingkungannya. Media audio visual mampu menampilkan unsur-unsur yang tidak dapat dilihat secara langsung dengan mata atau yang bersifat abstrak. Melalui pembelajaran menggunakan media audio visual berbantuan LKS diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas keterampilan geografi peserta didik. Pengaruh penggunaan media audio visual berbantuan LKS diteliti menggunakan rancangan penelitian Quasy Experiment pretest-posttest-control group design. Sebelum melaksanakan penelitian ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu pembuatan instrument penelitian (RPP butir soal teknik pengumpulan data) validasi instrument (validitas dan reliabilitas butir soal) menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa media audio visual berbantuan LKS berpengaruh terhadap keterampilan geografi peserta didik. Dibuktikan dengan rata-rata gain score kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari analisis data diperoleh hasil bahwa nilai (sig.2-tailed) adalah 0 013 dengan nilai probabilitas 0 05. Jadi nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0 013 8804 nilai probabilitas (0 05) yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan artian ada pengaruh penggunaan media audio visual berbantuan LKS terhadap keterampilan geografi peserta didik. Keefektifan media audio visual terhadap keterampilan geografi peserta didik dapat terjadi karena peserta didik antusias dan semangat dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan media tersebut. Keantusiasan peserta didik juga diimbangi denga keantusiasan guru dalam mengajar sehingga mampu menstimulus peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan motivasi bagi sekolah dan guru geografi untuk mengaplikasikan media pembelajaran lebih maksimal lagi dalam upaya meningkatkan kualitas dan tujuan pembelajaran serta membantu meningkatkan keterampilan geografi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53767

Actions (login required)

View Item View Item