Prafianto, Ahmad (2019) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan geografi siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 SMA N 1 Batu / Ahmad Prafianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Prafianto Ahmad. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si. Kata Kunci model Project Based Learning keterampilan geoografi mata pelajaran geografi. Pembelajaran Geografi di sekolah masih ditemukan berbagai kekurangan salah satunya rendahnya keterampilan geografi siswa seperti yang terjadi di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Batu. Hasil observasi yang dilaksanakan selama KPL menunjukan keterampilan geografi siswa rendah. Permasalahan tersebut muncul karena siswa tidak merasa terlibat langsung dalam pembelajaran. Selain itu kurangnya variasi dalam metode pembelajaran juga dapat menyebabkan rendahnya keterampilan geografi siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan geografi siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) meupakan model pembelajaran yang memdorong siswa untuk mampu memevahkan masalah di sekitar mereka sehingga siswa merasa ikut berperan aktif selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan geografi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning ( PJBL). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap silkus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahap perencanaan pelaksanaan pengtamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Batu. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang langsung diperoleh dari subyek penelitian. Pengumpulan data keterampilan geografi siswa menggunakan soal tes essai sebanyak 5 butir soal. Soal tes keterampilan geografi dibuat oleh peneliti yang dikembangkan dari indikator keterampilan geografi dan diberikan di setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan geografi siswa. Hasil nilai rata-rata keterampilan geografi siswa pada siklus I mencapai 67 4. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata keterampilan geografsi siswa mengalami peningkatan menjadi 76 66. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan adanya peningkatan keterampilan geografi siswa sebesar 9 26 atau dengan presentase14%. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat disimpulkan mampu untuk meningkatkan keterampilan geografi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Batu pada materi menganalisis jenis dan penanggulangan bencana alam melalui edukasi kearifan lokal dan pemanfaatan teknologi modern.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53765 |
Actions (login required)
View Item |