Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) mata pelajaran geografi SMA / Triani Astikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) mata pelajaran geografi SMA / Triani Astikawati

Astikawati, Triani (2019) Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) mata pelajaran geografi SMA / Triani Astikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Astikawati Triani 2018. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar mandiri Mata Pelajaran Geografi SMA. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Drs. Sudarno Herlambang M. Si. Kata Kunci pengembangan UKBM mata pelajaran geografi Penelitian dan pengembangan UKBM Geografi didasarkan pada analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan tersebut terdiri dari analisis kebutuhan UKBM berdasarkan kurikulum yang berlaku analisis kebutuhan UKBM berdasarkan karakteristik siswa analisis kelemahan UKBM yang sudah diterapkan. Berdasarkan analisis kebutuhan UKBM sesuai kurikulum yang diterapkan yakni Kurikulum 2013 revisi membutuhkan bahan ajar yang dapat 1) mengembangkan kemampuan individual siswa 2) berlatih berpikir tingkat tinggi dan berpikir kritis. Berdasarkan analisis kedua sesuai dengan karakteristik belajar siswa yang beragam. Adanya keberagaman karaktistik tersebut siswa membutuhkan bahan ajar yang mampu menjadi saran belajar sesuai karakteristik dan kecepatan belajarnya. Berdasarkan analisis ketiga UKBM Geografi yang sudah diterapkan di sekolah masih banyak memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain pada sistematika penyusunan UKBM segi fisik UKBM isi UKBM yang memuat kegitan belajar serta penilaian pada bagian akhir UKBM. Berdasarkan hasil analisis tesebut maka diperlukan bentuk UKBM yang menarik baik desain maupun isi adanya gambar ilustrasi dilengkapi dengan penilaian diri dan formatif serta memuat banyak latihan atau kegiatan belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan UKBM Geografi untuk siswa SMA kelas X IPS. Penelitian ini mendaptasi model pengembangan Sadiman dkk (2010) yang meliputi 8 langkah. langkah pengembangan tersebut terdiri dari 1) identifikasi kebutuhan 2) perumusan tujuan 3) perumusan butir-butir materi 4) perumusan alat pengukur keberhasilan 5) pengembangan prototipe 6) uji coba 7) revisi dan 8) produk akhir. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas X IPS 3 SMAN 2 Malang. Data yang dibutuhkan pada penilian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif merupakan hasil validasi dari validator ahli materi ahli bahasa dan ahli pembelajaran. Hasil validasi berupa saran dan komentar sebagai bahan perbaikan UKBM Geografi. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket respon siswa mengenai UKBM Geografi yang dibuat dalam bentuk skala Likert. Hasil validasi dan uji coba digunakan sebagai bahan perbaikan UKBM Geografi. Hasil validasi dari aspek materi aspek bahasa dan aspek pembelajaran menunjukkan bahwa UKBM Geografi tergolong dalam kriteria baik dan layak. Namun demikian UKBM Geografi masih perlu perbaikan/revisi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 76 7% (23 siswa) memberikan respon sangat baik sedangkan 23 3% (7 siswa) memberikan respon baik . Berdasarkan hasil penelitian tersebut UKBM Geografi yang dikembangkan memiliki kategori baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53764

Actions (login required)

View Item View Item