Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi dinamika hidrosfer peserta didik kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi / Roudhoh Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi dinamika hidrosfer peserta didik kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi / Roudhoh Maghfiroh

Maghfiroh, Roudhoh (2019) Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi dinamika hidrosfer peserta didik kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi / Roudhoh Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Maghfiroh Roudhoh. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Dinamika Hidrosfer Peserta Didik Kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (2) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation Kemampuan Memecahkan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peserta didik mempunyai kemampuan memecahkan masalah agar dapat membangun pemikiran konstruktif sistematis dan fokus. Kemampuan tersebut diukur dengan indikator identifikasi masalah merumuskan masalah menganalisis masalah menentukan beberapa alternatif solusi memecahkan masalah. Namun peserta didik kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi mempunyai kemampuan memecahkan masalah yang rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil tes kemampuan memecahkan masalah pratindakan sebanyak 62 5% peserta didik mendapatkan nilai dengan kriteria rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi dengan menerapkan model pembelajaran group investigation. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdapat dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada setiap siklusnya yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 peserta didik. Data kemampuan memecahkan masalah peserta didik diperoleh dari hasil tes kemampuan memecahkan masalah yang dilakukan setiap akhir siklus. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi. Hasil penerapan model pembelajaran group investigation menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah pra tindakanyaitu 55 8. Nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah siklus I meningkat menjadi 71 4. Nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah siklus II juga meningkat menjadi 83 1. Persentase peningkatan kemampuan memecahkan masalah dari pra tindakan ke siklus I sebesar 27 9% dan persentase peningkatan kemampuan memecahkan masalah dari siklus I ke siklus II sebesar 19 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53763

Actions (login required)

View Item View Item