Pengembangan buku teks geografi materi sumber daya alam model buku Essentials of Geology / N. Safira B. Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks geografi materi sumber daya alam model buku Essentials of Geology / N. Safira B. Ilmi

Ilmi, N. Safira B. (2018) Pengembangan buku teks geografi materi sumber daya alam model buku Essentials of Geology / N. Safira B. Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ilmi N. Safira. B. 2018. Pengembangan Buku Teks Geografi Materi Sumber Daya Alam Model Buku Essentials Of Geology. Skripsi Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si. Anggota (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata Kunci Buku Teks Sumber Daya Alam Pengembangan buku teks geografi materi sumber daya alam model buku Essentials of Geology perlu dilakukan karena terdapat beberapa kekurangan pada buku teks geografi yang digunakan siswa SMA kelas XI di Kota dan Kabupaten Blitar. Beberapa kekurangan yang dapat dicermati terletak pada Bab III yaitu materi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam diantaranya (1) konten buku teks didominasi oleh fakta/data (2) kesalahan penggunaan tanda baca dan kosa kata (3) susunan kalimat dan paragraf yang kurang tepat (4) kesalahan konsep. Buku teks geografi model buku Essentials of Geology adalah pedoman belajar geografi yang merujuk pada penulisan buku Essentials of Geology meliputi aspek isi penyajian dan kegrafikaan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk buku teks geografi SMA kelas XI tentang sebaran dan pengelolaan sumber daya alam menggunakan buku Essentials of Geology sebagi model pengembangan. Produk buku teks yang dikembangkan memuat materi sebaran dan pengelolaan sumber daya kehutanan pertambangan kelautan dan pariwisata sesuai prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Buku teks ini diharapkan dapat digunakan sebagai pegangan dan penunjang pembelajaran serta membantu siswa agar lebih memahami materi sumber daya alam. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dan menggunakan model ADDIE sebagai acuan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa memahami isi buku teks geografi materi sumber daya alam model buku Essentials of Geology. Hal tersebut diketahui melalui pelaksanaan tes pemahaman yang dilakukan di lapangan. Tingkat pencapaian hasil tes pemahaman mencapai 81-100%. Dengan demikian buku teks geografi materi sumber daya alam model buku Essentials of Geology dinilai telah layak digunakan dan tidak memerlukan tahap revisi akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53761

Actions (login required)

View Item View Item