Setiawan, Eko Heru (2018) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu pada materi mitigasi bencana alam / Eko Heru Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv RINGKASAN Setiawan Eko Heru. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu pada Materi Mitigasi Bencana Alam. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd. M.Pd (II) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata Kunci Problem Based Learning Berpikir Kreatif Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan masing-masing pada tanggal 22 Januari 2018 dan 1 Februari 2018 diketahui bahwa pembelajaran masih belum melibatkan siswa secara aktif untuk berpikir kreatif. Hal tersebut ditandai seringnya siswa menjawab pertanyaan dengan jawaban yang diulang-ulang dan seragam antara jawaban siswa yang satu dengan lainnya selain itu berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (berpikir analitis dan kreatif) siswa pada tahap pra tindakan masih rendah atau dibawah nilai KKM ( 8805 75). Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu pada materi mitigasi bencana alam dengan menerapkan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang pada pelaksanaannya dilakukan dalam dua siklus (setiap siklus terdiri atas dua pertemuan). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2 pada semester genap tahun ajaran 2017-2018 MAN Kota Batu yang berjumlah 36 siswa. Data hasil kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif sesuai dengan indikator yang diadopsi dari Munandar (berpikir lancar luwes orisinil dan elaborasi) yang dibagikan pada pertemuan kedua siklus I dan siklus II. Tes kemampuan berpikir kreatif menunjukkan adanya peningkatan keberagaman jawaban panjang kalimat yang digunakan adanya gagasan atau pengetahuan baru ketidaklaziman jawaban dan kekayaan kalimat yang bersumber dari emosi dan empati siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pra tindakan siklus I dan siklus II setelah adanya perlakuan. Diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pra tindakan sebesar 68 5 untuk siklus I sebesar 75 36 dan siklus II sebesar 88 33 dengan peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebesar 10 01% sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 17 21%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53759 |
Actions (login required)
View Item |