Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Ade Windra Hidayatullah

Hidayatullah, Ade Windra (2018) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Ade Windra Hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayatullah, Ade Windra. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd, (2) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si. Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Instruction, kemampuan berpikir tingkat tinggi Problem Based Instruction (PBI) merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk bisa memecahkan masalah kehidupan nyata. Siswa dituntut untuk dapat menganalisis penyebab terjadinya fenomena dan diharapkan mampu menghasilkan solusi baru sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki. Proses tersebut membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berkaitan dengan analisis pemecahan suatu masalah. Masalah yang disajikan merupakan masalah yang terjadi disekitar lingkungan sehingga siswa dapat dengan mudah menganalisis penyebab masalah tersebut terjadi dan mencari solusi baru yang tepat untuk mengurangi efek dari masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. jenis penelitian ini adalah Quasy experiment with post-test only. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI I3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI J3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. instrumen penelitian ini terdiri dari 4 soal essai yang telah divalidasi dengan menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen sebesar 84 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,44. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 9 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53758

Actions (login required)

View Item View Item